Tak ada Jepang dan China, Korea Selatan yang Jadi Penguasa Ganda Putri World Tour Finals 2020

Sabtu, 30 Januari 2021 16:05 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

INDOSPORT.COM - Laga Final BWF World Tour Finals 2020 yang digelar Minggu (31/1/2021) di Impact Arena, Bangkok, Thailand, mempertemukan dua wakil Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Pada laga semifinal yang berlangsung hari ini, Sabtu (30/1/2021), Lee/Shin menang 21-14, 21-15 atas Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), sedangan Kim/Kong menang 21-11, 12-21, 21-16 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand).

"Kami banyak melakukan analisis dari hasil rekaman (Chow/Lee) pertandingan mereka dan kami mempelajari strategi mereka, gaya permainan mereka. Saya rasa kami berhasil dengan itu," kata Shin Seung Chan setelah laga semifinal, dalam rilis yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Pekan lalu, kedua pasangan Korea Selatan inii juga saling berhadapan, yakni pada laga final Toyota Thailand Open, yang digelar di tempat sama. Kala itu, Kim/Kong keluar sebagai pemenang dengan skor 21-18, 21-19.

Laga final BWF World Tour Finals 2020 ini akan menjadi pertemuan keenam bagi kedua pasangan. Dari lima pertemuan sebelumnya, Lee/Shin masih memimpin 3-2 untuk rekor kemenangan.

Pada turnamen pertama di Asian Leg yaitu Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021), kedua pasangan ini sama-sama terhenti pada babak semifinal.

Lee/Shin kalah dari Greysia Polii/Apriyani Rahayu (Indonesia) dalam pertarungan tiga gim, sementara Kim So Yeong/Kong Hee Yong kandas di tangan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjay (Thailand) juga dengan rubber game.

Gagal pada pekan pertama, dua pasangan ini tak terbendung pada dua pekan berikutnya. Absennya pasangan Jepang dan China benar-benar memuluskan laju pasangan ini untuk sampai ke puncak.

© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong. Copyright: Shi Tang/Getty ImagesPasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong.

Keberhasilan dua pasangan tersebut menembus babak final akhir pekan ini juga memastikan Korea Selatan untuk kali pertama akan memiliki pemain yang menjadi juara di turnamen BWF World Tour Finals.

Sejak 2018, turnamen tutup tahun ini berubah nama menjadi BWF World Tour Finals (sebelumnya BWF Superseries Finals). Dari dua penyelenggaraan sebelumnya, Korea Selatan belum pernah menjadi juara.

Di nomor ganda putri, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dari Jepang adalah juara BWF World Tour Finals 2018. Tahun berikutnya, gelar juara jatuh ke tangan pasangan China, Cheng Qingchen/Jia Yifan.