Gagal Juara pada 2018, Lee So Hee/Shin Seung Chan Juara BWF World Tour Finas 2020

Minggu, 31 Januari 2021 16:29 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putri Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

INDOSPORT.COM - Setelah bertanding selama 92 menit, akhirnya Lee So Hee/Shin Seung Chan berhasil mencatat sejarah sebagai pasangan ganda putri Korea Selatan pertama yang menjadi juara di turnamen tutup tahun, BWF Superseries/World Tour FInals.

Pada partai final BWF World Tour Finals 2020 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (31/1/2021), Lee/Shin mengalahkan pasangan satu negara, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, dengan 15-21, 26-24, 21-19.

Hasil final ini juga menjadikan tiga turnamen yang digelar di Thailand pada Januari 2021 memiliki juara yang berbeda-beda.

Pada turnamen pertama, Yonex Thailand Open (12-17 Januari 2021), pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, keluar sebagai juara. Satu pekan kemudian pada Toyota Thailand Open (19-24 Januari 2021), Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang jadi jawara.

Terakhir, Lee So Hee/Shin Seung Chan menutup tiga turnamen beruntun Asian Leg dengan menjuarai BWF World Tour Finals 2020 (27-31 Januari 2021).

"Ini merupakan empat pekan yang panjang, tetapi kami berhasil menutupnya dengan hasil bagus di turnamen yang diikuti pemain-pemain luar biasa. Hasil ini membuat saya senang," kata Lee So Hee setelah pertandingan, dalam rilis Federasi Badminton Dunia (BWF).

Sebelum sukses Lee/Shin kali ini, Korea Selatan baru punya dua juaa di turnamen BWF Superseries/World Tour Finals, dan keduanya melibatkan Lee Yong Dae.

Pada 2009, Lee Yong Dae menjadi juara ganda putra bersama Jung Jae Sung. Pada 2014, Lee Yong Dae mengulang prestasi yang sama, tetapi kali ini berpasangan dengan Yoo Yeon Seong.

Pada 2018, Lee/Shin berhasil menembus babak final BWF World Tour Finals. Namun, mereka gagal menjadi juara setelah dikalahkan andalan Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Laga final antara Lee/Shin dan Kim/Kong yang berlangsung selama 92 menit ini juga terdaftar dalam enam pertandingan terlama sepanjang gelaran BWF Superseries/World Tour Finals.

Rekor pertandingan terlama masih dipegang laga Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi vs Luo Ying/Luo Yu (China), yang terjadi pada babak semifinal 2014. Laga yang berlangsung 98 menit tersebut dimenangi Matsutomo/Takahashi.