Setia Banget! Pebulutangkis Ini Susul Rekannya Jadi Pemain Independen Malaysia

Kamis, 11 Februari 2021 14:19 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pasangannya didegradasi oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), pebulutangkis Tan Kian Meng susul Lai Pei Jing jadi pasangan independen Malaysia. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Pasangannya didegradasi oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), pebulutangkis Tan Kian Meng susul Lai Pei Jing jadi pasangan independen Malaysia.

INDOSPORT.COM - Pasangannya didegradasi oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), pebulutangkis Tan Kian Meng susul Lai Pei Jing jadi pasangan independen Malaysia.

Dilansir dari situs olahraga The Star, BAM resmi mendegradasi lima pebulutangkis senior Malaysia, yakni Soniia Cheah (tunggal putri); Goh Soon Huat, Shevon Lai dan Lai Pei Jing (ganda campuran); dan Vivian Hoo (ganda putri) per Minggu (07/02/21).

Disebut oleh BAM, keputusan mereka mendegradasi lima pebulutangkis senior Malaysia itu berdasarkan hasil penilaian dari kompetisi yang digelar di Bangkok, Thailand.

"Peninjauan kinerja menyeluruh dari para pemain nasional, kami telah dilakukan. Keseluruhan BAM mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemain ini atas komitmen, dedikasi, dan kontribusi mereka yang luar biasa kepada negara selama bertahun-tahun," ujar BAM dalam pernyataan resminya.

Setelah mengetahui bahwa rekannya Lai Pei Jing didegradasi oleh BAM dari pelatnas Malaysia, pebulutangkis Tan Kian Meng sempat meminta untuk mengizinkan dirinya tetap berduet dengan rekannya tersebut, karena mereka sedang memperjuangkan posisi di kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

"Sebelum saya memulai dari awal lagi di BAM dengan partner baru, saya berharap mendapatkan kesempatan terakhir untuk bermain dengan Pei Jing di Eropa. Kami akan lebih termotivasi untuk lolos ke olimpiade," ujar Tan Kian Meng dikutip dari media The Star.

Namun setelah berpikir sekian lama, pebulutangkis Tan Kian Meng akhirnya memutuskan untuk ikut keluar dari Pelatnas bulutangkis Malaysia dan tetap berpasangan dengan rekannya Lai Pei Jing yang didegradasi oleh BAM.

"Saya berpikir keras dan panjang tentang ini. Saya tahu ini keputusan yang sangat sulit, tetapi saya tidak ingin memiliki penyesalan," ujarnya dikutip dari New Straits Times.

"Saya percaya bahwa Pei Jing dan saya masih memiliki peluang untuk mencapai Olimpiade tahun ini, dan saya ingin memperjuangkannya," tambahnya.

Lebih lanjut lagi, pebulutangkis Tan Kian Meng mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BAM yang sudah memberikan banyak kesempatan untuk dirinya bersama Lai Pei Jing dalam mewakili Malaysia di kompetisi bulutangkis internasional.

"Terima kasih banyak kepada BAM karena ingin memberi saya kesempatan lagi di tim nasional, tetapi saya memutuskan untuk tetap bersama mitra saya Pei Jing. Kami akan mulai berlatih sendiri Senin mendatang ini," tuturnya.

Selanjutnya, pasangan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing akan bermain di tur Eropa yakni Swiss Open 2021, German Open 2021 dan All England 2021 yang akan digelar pada Maret mendatang.