Jelang Tur Eropa, Ganda Putra Indonesia Lakukan Latihan Khusus

Sabtu, 13 Februari 2021 16:12 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tur bulutangkis Eropa akan segera dilangsungkan. Untuk mempersiapkan turnamen tersebut, sejumlah pebulutangkis ganda putra Indonesia melakukan latihan khusus.

Skuad ganda putra Indonesia sudah kembali berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur. Sebanyak enam pasang ganda putra Indonesia disiapkan untuk bertanding di tur kejuaraan bulutangkis Eropa yang akan dilangsungkan pada Maret mendatang.

Keenam pasangan itu adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Dijelaskan kepala pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi bahwa fokus latihan anak asuhnya saat ini adalah meningkatkan daya tahan otot, baik tangan maupun kaki.

"Yang ke Eropa itu kan ada tiga turnamen, Swiss, Jerman, dan All England. Belajar dari Asia Leg kemarin memang kita kekurangan daya tahan ototnya. Jadi program di minggu pertama ini lebih ditekankan kepada peningkatan daya tahan otot," ujar pelatih yang akrab disapa Herry IP tersebut dilansir dari laman resmi PBSI.

Terkait strategi pengiriman, Herry IP menyebutkan bahwa dia memang sengaja memasang tiga pasangan andalan, yaitu Marcus/Kevin, Ahsan/Hendra, dan Fajar/Rian hanya untuk dua kejuaraan di Jerman Terbuka Super 300 dan All England.

"Saya memang menurunkan tiga pasangan ini di Jerman dan All England saja. Karena kalau ikut ke Swiss juga akan sulit mengatur peak performance-nya. Untuk target di dua turnamen itu juga berbeda," kata Herry IP. 

"Target utamanya sudah pasti All England. Sementara kalau di Jerman, bahasanya itu target antara. Jadi apapun hasilnya di Jerman ya hanya antara, karena kita atur peak-nya di All England," sambungnya lagi.

Dengan latihan khusus yang telah dilakukan, Herry Iman Pierngadi berharap semua anak asuhnya di ganda putra bisa tampil maksimal dan menorehkan prestasi membanggakan di tur Eropa.