Sang Nenek Meninggal, Pebulutangkis India Keturunan China Justru Jadi Korban SARA

Minggu, 14 Februari 2021 12:44 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jwala Gutta, pebulutangkis spesialis ganda asal India. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jwala Gutta, pebulutangkis spesialis ganda asal India.

INDOSPORT.COM – Jwala Gutta, pebulutangkis India keturunan China tidak bisa menyembunyikan amarahnya saat menghadapi komentar rasialis saat dirinya berduka atas neneknya yang meninggal dunia.

Jwala Gutta, mantan pebulutangkis nasional di sektor ganda ini, mengumumkan melalui cuitan di Twitter pada hari Jumat (12/02/21) bahwa neneknya meninggal dunia di China, bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek.

Gutta juga menjelaskan bahwa biasanya ibunya mengunjungi sang nenek setiap bulan, namun selama setahun terakhir tidak ada kunjungan lantaran pandemi virus corona.

Postigan itu dibanjiri dengan pesan duka cita dari rekan-rekannya sesama atlet dan juga penggemarnya. Namun, satu cuitan telah membuatnya murka lantaran mengaitkan virus corona dengan China yang merupakan leluhurnya.

“Saya berduka atas kehilangan nenek saya yang meninggal di China dan yang mengejutkan saya, saya mendapat balasan rasis,” pemenang Penghargaan Arjuna itu mencurahkan hal itu dalam cuitan yang lain.

Dia pun menambahkan bahkan banyak orang bertanya mengapa dia menyebut virus corona sebagai COVID dan bukan 'virus China'.

“Di mana empati?” tanya Jwala, sembari mengungkapkan kesedihan karena ada orang yang malah membela perilaku tersebut. “Memalukan!” lanjutnya.

Seperti diketahui, Jwala Gutta memiliki seorang ibu, Yelen yang merupakan keturunan asli China. Gutta beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan tentang kesulitan yang dia hadapi saat tumbuh bersama seorang ibu China.

Ini bukan pertama kalinya Gutta mendapatkan perlakuan rasialis di media sosial. Pada Maret 2020 lalu, menyatakan keprihatinannya terhadap pekerja migran yang harus berjuang di tengah wabah virus corona.

Jwala Gutta aktif menyuarakan keprihatinannya melalui media sosial Twitter. Sayangnya, ada seorang netizen justru memberikan komentar rasis yang membuat Gutta meradang.

Komentar rasis juga pernah didapat ketika Jwala Gutta mengunggah foto dengan pacarnya yang bernama Vishnu Vishal. Untuk sementara Gutta dan Vishal tidak bisa bertemu lantaran melakukan social distancing. Vishal pun ikut meradang melihat komentar tersebut.

Pensiun sebagai atlet nasional pada 2016 silam, Jwala Gutta sesekali masih aktif bermain sebagai pemain independen di sektor ganda putri dan ganda campuran. Gutta pernah mewakili India di turnamen Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio 2016.