Tiga Turnamen Batal, Periode Kualifikasi Olimpiade Cabang Bulutangkis Diperpanjang

Sabtu, 20 Februari 2021 18:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
Ilustrasi bulutangkis dan raket.

INDOSPORT.COM – Kualifikasi Olimpiade Tokyo tahun 2021 cabang bulutangkis akhirnya diperpanjang selama hampir dua bulan menyusul batalnya tiga turnamen.

Dilansir dari Outlook India, BWF pada hari Jumat (19/02/21) mengumumkan bahwa periode kualifikasi bulutangkis Olimpiade Tokyo  diperpanjang hingga 15 Juni. Periode kualifikasi sebelumnya berakhir pada 25 April.

“Periode Kualifikasi Olimpiade untuk Race to Tokyo sekarang akan ditutup pada 15 Juni 2021, dengan turnamen terakhir yang diperhitungkan untuk kualifikasi adalah Singapore Open 2021,” kata BWF dalam sebuah pernyataan.

“BWF bekerja sama dengan IOC untuk memperbarui sistem kualifikasi Tokyo 2020 sehingga peraturan terakhir yang diperbarui akan dibagikan setelah siap setelah persetujuan resmi oleh IOC," tambahnya.

Mundurnya periodeo kualifikasi Olimpide cabang bulutangkis ini dilakukan setelah BWF melakukan penjadwalan ulang turnamennya musim ini dengan tiga turnamen resmi dibatalkan.

BWF sendiri sempat menyatakan bahwa turnamen kualifikasi Olimpiade akan berlanjut seiring dengan dimulainya musim 2021 dengan Yonex Swiss Open (2-7 Maret).

German Open (09-14 Maret), yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade resmi batal, sedangkan All England yang tidak masuk dalam kualifikasi tetap digelar para 17-21 Maret.

Selain itu, BWF juga menyatakan bahwa Malaysia Open akan berlangsung dari 25-30 Mei, mundur dua bulan dari jadwal semua pada 31 Maret – 4 April.

Selain itu, Singapore Open juga dijadwalkan ulang pada 1-6 Juni, yang mana turnamen ini akan menjadi kualifikasi Olimpiade terakhir.

Sementara itu, Malaysian Masters yang dijadwalkan 1-6 April juga telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Beberapa turnamen berikutnya pun terpaksa terkena dampak dari jadwal terbaru BWF. Dalam rilis BWF disebutkan bahwa, ajang Indonesia Open 2021 Super 1000 dan Indonesia Masters 2021 Super 500 resmi ditunda.

Awalnya, kedua turnamen tersebut akan digelar secara beruntun dalam dua pekan di Jakarta. Indonesia Masters direncanakan pada 1-6 Juni 2021 dan Indonesia Open 2021 pada 8-13 Juni 2021.