Kevin Sanjaya Jadi Pemain Termuda yang Sukses Tempati Peringkat 1 Dunia

Selasa, 27 April 2021 22:59 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Coro Mountana
© djarumbadminton.com
Pebulutangkis Kevin Sanjaya, sukses menjadi pemain termuda yang menempati peringkat 1 dunia sejak diberlakukannya sistem perankingan official oleh BWF pada 2009 Copyright: © djarumbadminton.com
Pebulutangkis Kevin Sanjaya, sukses menjadi pemain termuda yang menempati peringkat 1 dunia sejak diberlakukannya sistem perankingan official oleh BWF pada 2009

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, sukses menjadi pemain termuda yang menempati peringkat 1 dunia sejak diberlakukannya sistem perankingan official dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) pada 2009.

Kevin Sanjaya saat ini menempati ranking 1 dunia bersama dengan Marcus Fernaldi Gideon di sektor ganda putra, sejak 2017 dan masih bertahan hingga 2021.

Mulai dipasangkan pada 2015, pasangan Kevin/Marcus mulai menampakkan hasil nyata ketika mulai berhasil meraih gelar satu demi satu. Gelar pertama keduanya diraih di kompetisi Chinese Taipei Masters 2015 usai mengalahkan Hoon Thien How/Lim Kim Wah dengan skor 21-12, 21-18.

Pada 2016, Kevin Sanjaya bersama Marcus Gideon mulai secara konsisten meraih gelar. Jumlah gelar The Minions pada tahun itu mencapai 5 gelar, yaitu Indonesia Masters, Malaysia Masters, India Open, Australian Open dan China Open.

Setahun setelahnya, Kevin/Marcus untuk pertama kalinya berhasil meraih 7 gelar Super Series, sekaligus menempati peringkat 1 dunia, yang dicapai pada Maret 2017. Ketika itu usia Kevin Sanjaya belum genap 22 tahun.

Dilansir dari Instagram akun Badminton Statistik, pencapaian itu membuat Kevin Sanjaya menjadi pebulutangkis termuda yang menempati peringkat satu dunia sejak diberlakukannya sistem perankingan official oleh BWF sejak 2009.

Meskipun pasangan Kevin/Marcus sempat lengser sejenak dari singgasana, mereka berhasil meraih posisi peringkat 1 kembali pada Desember 2017 dan itu masih bertahan hingga 2021.

Bahkan yang membuat pencapaian itu semakin luar biasa yaitu ketika pasangan Indonesia berhasil memecahkan rekor pasangan Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong yang bertahan di peringkat 1 dunia selama 117 minggu secara konsekutif.