Mantan Pelatih Ratu Bulutangkis India Bongkar Kelemahan An Se-young

Kamis, 29 April 2021 03:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se Young. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, An Se Young.

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih ratu bulutangkis India PV Sindhu, Kim Ji Hyun, membongkar kelemahan pemain muda Korea Selatan yang kini dia asuh, An Se-young.

Kim Ji Hyun diketahui telah kembali menjadi pelatih tunggal putri nasional di negaranya sendiri. Setelah berpisah dengan PV Sindhu pada 2019 silam, dia juga sempat melalang buana ke Chinese Taipei.

Menangani para pemain tunggal putri Korea Selatan, Kim Ji Hyun menaruh perhatian besar bagi pebulutangkis 19 tahun, An Se-young, yang secara mengejutkan pernah menaklukkan beberapa pemain top dunia.

Bagi Kim Ji Hyun, An Se-young merupakan pemain yang memiliki potensi di usianya yang masih muda. Kedewasaan yang ditempa dengan latihan keras bisa menjadi modal baginya untuk terus berkembang.

“Dia memiliki begitu banyak potensi, dan dia masih muda, jadi dia mengerjakan banyak aspek taktis dan teknis. Dia tidak takut pada apapun,” ujar Kim Ji Hyun ketika diwawancarai oleh media BWF.

“Tetapi dia harus menjadi lebih dewasa, dan dia harus melakukan latihan keras dan meningkatkan keterampilannya, jadi saya akan mengusahakannya untuk itu,” lanjut pelatih yang mengantarkan Sindhu meraih gelar Kejuaraan Dunia itu. 

“Kekuatan terbesarnya adalah kebugaran, mentalitas, dan antisipasi. Dan dia baru berusia 18 tahun. Selain itu, dia bekerja keras dan saya suka itu. Ketika saya mengajarkan sesuatu, dia memahaminya dengan cepat.”

Meski begitu, Kim Ji Hyun menandai satu aspek yang sejauh ini masih menjadi kelemahan terbesar pemain peringkat 8 dunia tersebut. Yakni, tembakan serangan.

Membandingkan dengan Tai Tzu Ying, An Se-young dinilai Kim Ji Hyun belum memiliki tembakan ini. Sementara Tai Tzu Ying yang berperingkat 1 dunia memiliki kemampuan tipu muslihat, serangan, pertahanan dan mental yang bagus.

“Ya, dia perlu mengembangkan lebih banyak tembakan menyerang. Bagi saya, sebagai pelatih, jika Anda membandingkannya dengan Tai Tzu Ying, dia tidak memiliki tembakan spesial itu…,” lanjut Kim Ji Hyun.

“Tai Tzu Ying memiliki tipu muslihat yang bagus, serangan yang bagus, pertahanan yang baik, juga mentalitas yang baik. An Se Young memiliki banyak hal untuk dikerjakan.”