Termasuk Hafiz/Gloria, Pebulutangksi Asia yang 'Geruduk' Kejuaraan Eropa Disorot Media Asing

Sabtu, 1 Mei 2021 17:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© bwfbadminton
Logo BWF. Copyright: © bwfbadminton
Logo BWF.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kembali menghadapi masalah. Sejumlah pemain top di Asia, termasuk Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, mengecam BWF terkait dengan gelaran Kejuaraan Eropa 2021.

Seperti diketahui, Kejuaraan Eropa 2021 yang saat ini sedang berlangsung di Kiev, Ukraina, memberikan poin kualifikasi Olimpiade yang berbeda kepada para pemain yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Di sisi lain, Kejuaraan Asia (Badmintn Asia Championship) 2021 yang juga masuk kualifikasi Road to Tokyo justru ditunda oleh BWF, dengan badan dunia itu Singapore Open akan jadi turnamen terakhir sebelum poin kualifikasi ditutup.

Media asing 360badminton menyoroti kegelisahan sejumlah pemain top Asia menyikapi situasi tersebut. Para pemain ini mengangkat isu tersebut di akun media sosial masing-masig dan menuntut solusi dari BWF.

Media tersebut menyebutkan sejumlah pemain yang ikut melayangkan protes, meliputi peraih medali perak Olimpiade dari Malaysia, Goh Liu Ying, Chan Peng Soon, rekan-rekan mereka seperti Lai Pei Jing, Shevon Jemie Lai, Goh Soon Huat.

Ada juga pasangan ganda campuran Indonesia berperingkat 8 dunia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan pemain tunggal Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Mereka menulis pesan secara terbuka kepada BWF, yang berbunyi, “Selama periode kualifikasi Olimpiade ini, setiap turnamen sangat penting bagi para pemain yang berjuang untuk mengumpulkan poin.”

“Sekarang Kejuaraan Eropa sedang berlangsung, dan berkontribusi pada skor kualifikasi Olimpiade. Namun Kejuaraan Asia dibatalkan karena pandemi. Artinya, benua Eropa memiliki peluang turnamen tambahan untuk mendulang poin lebih banyak.”

Hafiz/Gloria dan para pemain lainnya kemudian meminta agar BWF memberi solusi yang adil bagi para pemain Asia untuk bisa memperebutkan poin Olimpiade.

“Jadi bagaimana solusinya yang adil bagi para pemain Asia yang juga memperebutkan poin Olimpiade? Kami berharap BWF dapat membaca ini dan memiliki solusi yang lebih baik agar adil bagi para pemain. Terima kasih.”

Kontrasnya perlakuan BWF terhadap Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Asia ini dianggap memberikan keuntungan bagi pemain di Benua  Biru atas pemain Asia dalam perebutan kualifikasi ke Tokyo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%