Peraih Perak Olimpiade yang Putuskan Tinggalkan Indonesia

Senin, 17 Mei 2021 21:44 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
© Robert Laberge/Getty Images
Peraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996, yakni Mia Audina yang memutuskan tinggalkan Indonesia untuk memperkuat Belanda. Copyright: © Robert Laberge/Getty Images
Peraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996, yakni Mia Audina yang memutuskan tinggalkan Indonesia untuk memperkuat Belanda.

INDOSPORT.COM - Peraih medali perak Olimpiade Atlanta 1996, yakni Mia Audina yang memutuskan tinggalkan Indonesia untuk memperkuat Belanda.

Mia Audina adalah eks pebulutangkis yang berhasil meraih medali perak di dua edisi Olimpiade yakni Olimpiade Atlanta 1996 dan Olimpiade Athena 2004, namun kedua medali perak itu dipersembahkannya untuk negara berbeda.

Jika medali perak Olimpiade Atlanta 1996 dipersembahkan untuk Indonesia, maka medali perak Olimpiade Athena 2004 dipersembahkannya untuk Belanda, dan setelah itu memutuskan pensiun.

Sekadar informasi, sebelum meninggalkan Indonesia dan resmi membela Belanda, Mia Audina merupakan salah satu pemain yang digadang-gadang bakal jadi penerus dari legenda tunggal putri Tanah Air, Susy Susanti.

Mia Audina dianggap sebagai penerus yang tepat, karena di usianya yang masih belia, ia berhasil menampilkan penampilan yang sangat memukau, terutama saat membela Indonesia di Piala Uber.

Mia Audina diketahui sukses mengantarkan tim Indonesia meraih dua Piala Uber pada 1994 dan 1996, serta sejumlah gelar lainnya, termasuk medali perak Olimpiade Atlanta 1996.

Di Piala Uber 1994 dan 1996, Mia Audina sukses menjadi pahlawan Indonesia meraih dua trofi bergengsi tersebut. Bahkan berkat aksi fantastisnya itu, ia mendapat julukan "Si Anak Ajaib" dan "Anak SMA Penentu Piala Uber".

Di Piala Uber 1994, Mia Audina yang saat itu masih berusia 14 tahun dipercaya turun di partai penentu menghadapi pemain peringkat 12 dunia pada saat itu asal China, yaitu Zhang Ning.

Walaupun masih berusia 14 tahun dan harus berhadapan dengan pemain peringkat 12 dunia, Mia Audina nyatanya tidak gentar dan malah tampil spektakuler dengan mengalahkan wakil China, Zhang Ning dalam pertandingan rubber game dengan skor  11-7, 10-12, dan 11-4.