BWF Akan Ketok Palu Hari Ini, Badminton Eropa Dukung Format Skor 5x11

Sabtu, 22 Mei 2021 10:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© badminton
Ilustrasi Bulutangkis Copyright: © badminton
Ilustrasi Bulutangkis

INDOSPORT.COM – Badminton Eropa menyatakan mendukung perubahan skorke sistem 5x11 yang akan diputuskan Federasi Bulutangkis Dunia dalam Rapat Umum Tahunan (RUPS) hari ini, Sabtu (22/05/21).

Salah satu agenda di dalam Rapat Umum Tahunan BWF yakni pengambilan suara terkait rencana pergantian sistem skor 3x21 menjadi 5x11 yang diusulkan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Bulutangkis Maladewa.

Pertemuan Pra RUPS pada hari Kamis (20/05/21) antara Badminton Eropa dan Anggota BEC, Direksi telah menyarankan agar semua anggota memberikan suara untuk perubahan tersebut.

Setidaknya ada empat alasan yang membuat Badminton Eropa akhirnya mendukung perubahan sistem skor tersebut.

Pertama, skor ini akan memberikan lebih banyak laga sengit dalam satu pertandingan. Kedua, dengan waktu waktu pertandingan yang singkat maka puncak permainan lebih cepat.

Tiga, durasi pertandingan menjadi lebih singkat, dan terakhir, pertandingan yang tidak seimbang akan berlangsung lebih cepat.

“(Empat) elemen di atas akan meningkatkan pengalaman penonton dalam menyaksikan pertandingan. Perubahan ini dapat menarik basis penggemar yang lebih besar dan menyediakan produk siaran yang lebih baik. Sebagai dampaknya akan meningkatkan nilai komersial," bunyi pernyataan resmi Badminton Eropa.

Dukungan Badminton Eropa terhadap format skor 5x1 ini sebenarnya mencerminkan perubahan yang sangat disukai oleh Dewan Direksi Bulutangkis Eropa dan mayoritas Anggota Eropa di tahun 2018.

Wacana perubahan format skor ini telah menyita perhatian semua pebulutangkis dunia. Beberapa pemain, termasuk Viktor Axelsen, ikut menentang, namun ada juga yang mendukung seperti Hendra Setiawan.