Pemain Malaysia Tanggapi Format Skor 5x11 yang Akan Diputuskan BWF Hari Ini

Sabtu, 22 Mei 2021 09:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

INDOSPORT.COM – Pemain ganda putra Malaysia, Soh Wooi Yik, menanggapi rencana perubahan skor ke sistem 5x11 yang akan diputuskan BWF hari ini.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dijadwalkan akan menggelar Rapat Umum Tahunan pada hari ini, Sabtu (22/05/21).

Salah satu agenda di dalam rapat ini yakni pengambilan suara terkait rencana pergantian sistem skor 3x21 menjadi 5x11 yang sebelumnya diusulkan oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Bulutangkis Maladewa.

Wacana perubahan format skor ini telah menyita perhatian semua pebulutangkis dunia. Beberapa pemain, termasuk Viktor Axelsen, ikut menentang, namun ada juga yang mendukung seperti Hendra Setiawan.

Soh Wooi Yik juga turut menanggapi rencana tersebut. Pemain berperingkat 9 dunia di ganda putra bersama Aaron Chia itu mengaku tak masalah dengan format skor yang baru.

“Bagi saya itu (format 5x11) memiliki pro dan kontra bagi pemain muda seperti kami,” kata Soh Wooi Yik kepada Nadi Arena, dilansir dari Stadium Astro.

“Secara fisik, saya pernah bermain dengan format seperti ini di Purple League, jadi permainannya sangat cepat, tidak membutuhkan banyak kekuatan fisik selain pemikiran dan pengalaman,” lanjutnya.

Soh Woo Yik juga mengklaim bahwa skor 5x11 ini sangat cocok dengan gaya permainan dirinya dan Aaron Chia di lapangan. Terutama ketika mereka bertemu dengan lawan yang lebih berpengalaman.

“Jika mereka bertemu lawan yang lebih berpengalaman, mereka akan segera mendapatkan poin dalam tiga tembakan pertama,” sambung Soh Wooi Yik.