3 Pebulutangkis China Masuk BWF Hall of Fame 2021

Kamis, 3 Juni 2021 06:27 WIB
Editor: Juni Adi
© bwfbadminton
BWF Logo. Copyright: © bwfbadminton
BWF Logo.

INDOSPORT.COM - Tiga pebulutangkis asal China terpilih oleh BWF untuk masuk dalam Hall of Fame 2021 yakni Zhang Ning, Cai Yun dan Fu Haifeng. Ketiganya akan dilantik oleh BWF lewat upacara virtual pada Rabu (16/06/21) mendatang. 

Mereka pun mendapat pujian langsung dari Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer atas prestasi yang ditorehkan dengan menyebut mereka adalah tokoh penting dalam sejarah olahraga bulutangkis dunia.

"Zhang Ning, Cai Yun, dan Fu Haifeng adalah tokoh ikonik dari beberapa tahun terakhir. Mereka bermain di level sangat tinggi, yang membantu mereka memenangi setiap gelar utama dalam bulu tangkis," ujar Hoyer dikutip dari laman resmi BWF.

“Paling penting adalah standar yang mereka tetapkan akan selalu menjadi tantangan bagi pemain generasi muda yang ingin meniru mereka."

"Saya mengucapkan selamat kepada mereka untuk memasuki BWF Hall of Fame, yang merupakan pengakuan layak untuk tiga pemain hebat dari China ini,” tambah Hoyer.

Zhang Ning sendiri merupakan salah satu pebulutangkis yang cukup senior sukses dalam tim China. Di usianya yang baru menginjak 30 tahun, ia sudah menorehkan tinta emas dengan merebut juara satu dalam dua kali Olimpiade yakni di Athena 2004 dan Beijing 2008.

Ia pun menjadi satu-satunya tunggal putri yang berhasil melakukan hal tersebut. Selain itu, Zhang Ning juga banyak meraih kemenangan di setiap kejuaran besar yang diikuti.

Termasuk Kejuaran Dunia BWF tahun 2003, dan juga membantu China meraih kemenangan di tim Piala Uber (2004, 2006), serta Piala Sudirman (2005/2007).