Soraya Aghaei, Pebulutangkis Berhijab Pertama yang Wakili Iran di Olimpiade 2020

Minggu, 27 Juni 2021 18:18 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM -  Bakal ada sejarah baru di cabor bulutangkis di ajang olahraga terbesar di dunia atau Olimpiade Tokyo 2020 yang dimulai pada 23 Juli-8 Agustus 2021 mendatang.

Dilansir dari Tehrantimes, federasi bulutangkis Iran telah memasukan atlet bernama Soraya Aghaei. Wanita berusia 25 tahun itu akan menjadi pebulutangkis berhijab pertama di ajang Olimpiade 2020.

Seperti diketahui, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) sebelumnya menyatakan kalau pebulutangkis tunggal putri asal Finlandia bernama Airi Mikkela memutuskan untuk mundur.

Menurut peringkat BWF, pemain Mesir yakni Hadia Hosny harus menggantikan Airi Mikkela di tunggal putri. Akan tetapi, Hadia Hosny telah memilih untuk berpartisipasi di ganda putri.

Kemudian, Iran akhirnya diberikan kuota untuk ambil bagian dan mereka telah memilih atlet bernama Soraya Aghaei. Dirinya menjadi satu-satunya wanita yang mewakili Iran di cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020.

Karena Soraya Aghaei mengenakan hijab, tentunya ini menjadi fenomena baru. Sebab, atlet berhijab di dunia bulutangkis jarang sekali ditemui bahkan belum pernah terlihat ketika bermain di ajang olahraga terbesar di dunia atau Olimpiade.