2 Kali Lipat Indonesia, China Kirim 14 Wakil di Cabor Bulutangkis Olimpiade Tokyo

Senin, 28 Juni 2021 16:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Zheng Siwei/Huang Yaqiong sukses menjadi juara Indonesia Masters 2020 usai kalahkan rekan senegara. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Zheng Siwei/Huang Yaqiong sukses menjadi juara Indonesia Masters 2020 usai kalahkan rekan senegara.

INDOSPORT.COM – China mengirimkan 14 wakilnya di cabang olahraga bulutangkis untuk Olimpiade Tokyo 2020. Jumlahnya dua kali lipat dari wakil Indonesia.

Ketua Asosiasi Bulutangkis China (CBA), Zhang Jun, pada hari Sabtu (26/06/21) secara resmi merilis daftar final sembilan wakilnya  yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo bulan depan.

Daftar tersebut diserahkan  ke Federasi Bulutangkis  Dunia (BWF), di mana terdapat 14 pemain, masing-masing dua wakil di nomor tunggal putra, tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran, dan satu wakil ganda putra.

Dari sembilan wakil yang dikirimkan, China sangat yakin ganda campuran memiliki kans mendulang emas karena kedua wakilnya  menjadi unggulan teratas.

Pada nomor ganda campuran, China menjadi satu-satunya negara yang mampu mengirimkan dua wakilnya di Olimpiade Tokyo.  Pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong menjadi unggulan teratas, sedangkan Wang Yilu/Huang Dongping menjadi unggulan kedua. 

“Kami memiliki kesempatan yang besar memenangkan medali emas di ganda campuran karena Zheng Siwei/Huang Yaqiong  dan Wang Yilu/Huang Dongping  menduduki peringkat pertama dan kedua di Race to Tokyo. Kami juga bisa bersaing dengan para pemain Jepang di nomor ganda putri,” ujar Zhang dilansir dari Badminton Planet.

Pada nomor ganda putri, China bersama-sama dengan Jepang dan Korea Selatan berhasil memenangkan dua tempatnya di Olimpiade Tokyo. Dua wakil China ini adalah Chen Wing Chen/Jia Yi Fan dan Li Wen Mei/Zheng Yu.

Pada sektor tunggal putri, Negeri Tirai Bambu akan bersaing dengan Jepang, China, Korea Selatan dan Thailand yang semuanya mengirimkan dua wakilnya di Olimpiade Tokyo.

Chen Yufei dan He Binjiao akan menjadi dua wakil China, di mana hanya Chen Yufei yang mampu menempati posisi unggulan teratas  mengungguli Tai Tzu Ying (Chinese Taipei), dan Nozomi Okuhara (Jepang).

Dari sektor tunggal putra, China mengirimkan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 Chen Long yang menempati peringkat keenam, dan Shi Yuqi yang berada di posisi ke-11 dunia.

Sayangnya, pasangan Li Junhui/Liu Yuchen jadi satu-satunya wakil China yang lolos untuk sektor ganda putra pada Olimpiade Tokyo mendatang.