Salut! 27 Tahun Jadi Pelatih, Richard Mainaky Selalu Unggul dari Pemainnya

Minggu, 4 Juli 2021 10:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih bulutangkis Indonesia, Richard Mainaky. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pelatih bulutangkis Indonesia, Richard Mainaky.

INDOSPORT.COM - Siapa tak kenal Richard Mainaky, pelatih bulutangkis yang sukses membawa ganda campuran Indonesia berprestasi di level dunia.

Terhitung sampai saat ini, Richard Mainaky sudah 27 tahun menjabat sebagai pelatih di Pelatnas PBSI. Namun, ia memiliki rekor yang sulit dipatahkan oleh para pemain.

Fakta ini diungkapkan oleh dua mantan anak didiknya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat ketiga aktor bulutangkis ini bereuni dalam program Tektokan Ala Butet.

Menurut Owi dan Butet, Richard alias Kak Icad selalu menjadi orang pertama yang hadir di lapangan latihan. Belum ada pemain yang bisa menyalip rekor tersebut.

"Saya datang jam setengah enam aja, Kak Icad sudah ada," ungkap Tontowi Ahmad.

"Hall masih gelap, kaget juga ada orang duduk, sambil ada teh sama roti kan," timpal Liliyana Natsir alias Butet.

"Selama 27 tahun (melatih), Kak Icad jam 6 pagi sudah sampai, padahal dari jauh loh," ujar peraih medali emas Olimpiade Rio itu.

Mendengar pujian dari Tontowi/Liliyana, Richard Mainaky hanya tertawa. Sebab, rekor ini memang masih berlanjut, meski ada juga pemain muda yang hampir mengalahkannya.

"Sekali-sekali sih ada (pemain yang datang cepat), ada pemain Pratama, mau nambah latihan sama saya. Saya datang jam enam, dia setengah tujuh," sebut Richard Mainaky.