Lengkap! Jadwal dan Format Cabang Olahraga Bulutangkis di Olimpiade Tokyo

Jumat, 16 Juli 2021 15:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi kejuaraan bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Ilustrasi kejuaraan bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut ini serangkaian jadwal lengkap cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020 mulai dari fase grup hingga partai final.

Cabang olahraga bulutangkis menjadi salah satu event yang paling dinantikan di Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung mulai tanggal 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Ada 173 atlet pebulutangkis yang akan mengikuti Olimpiade Tokyo 2020. Menurut rilis Federasi Badminton Dunia (BWF), terdapat 87 atlet putra dan 85 pebulutangkis putri dari 50 negara berbeda.

Indonesia sendiri mengirimkan tujuh wakilnya di cabor ini. Tujuh wakil Indonesia tersebut adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Sementara di sektor tunggal putra ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.Selain itu, ada juga ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade Tokyo kali ini akan menggunakan format round-robin.

Setiap pemain akan bersua satu sama lain setidaknya satu kali. Pemain yang dinyatakan lolos dari fase grup akan bertanding di babak knock-out, perempat final, semifinal, dan terakhir final.

Di sektor tunggal putra, terdapat 42 pebulutangkis yang akan dibagi ke dalam 14 grup berbeda. Masing-masing grup diisi oleh 3 pemain dan akan bersaing memperebutkan 1 tempat ke babak selanjutnya.

Pada sektor tunggal putri, terdapat 43 peserta yang terbagi ke dalam 14 grup. Setiap grup diisi oleh masing-masing 3 peserta, kecuali Grup P ada 4 pemain di dalamnya.

Untuk nomor ganda, persaingan di fase grup lebih longgar. Terdapat 16 peserta yang akan dibagi ke dalam 4 grup berbeda. Setiap grup diisi oleh 4 atlet yang bertarung memperebutkan 2 tiket perempat final.