Dukungan Susy Susanti ke Tim Bulutangkis Indonesia Jelang Olimpiade Tokyo

Jumat, 23 Juli 2021 16:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, tokoh legendaris bulutangkis Indonesia yang menangkan emas Olimpiade Barcelona 1992. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, tokoh legendaris bulutangkis Indonesia yang menangkan emas Olimpiade Barcelona 1992.

INDOSPORT.COM – Perjuangan tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 mendapatkan dukungan dari legenda tanah air, Susy Susanti.

Hal ini diketahui lewat  unggahan peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992, Susy Susanti, di akun Instagram-nya pada hari Jumat (23/07/21).

Susy Susanti mengunggah foto lama ketika dirinya berpose dengan sejumlah atlet bulutangkis yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo.

Istri legenda Alan Budikusuma ini berdiri ditengah, dan diapit oleh tunggal putra Jonatan Christie, ganda putri Apriyani Rahayu, tunggal putri Gregoria Mariska, dan ganda campuran Melati Daeva.

Susy Susanti bukan hanya memberi dukungan namun juga memberi suntikan motivasi agar seluruh atlet Olimpiade bisa mempersembahkan prestasi terbaik untuk Indonesia.

“Selamat bertanding untuk adik-adikku di Tokyo Olympics... Ayooo... Semangat pantang menyerah dan berikan prestasi yang terbaik untuk Indonesia,” tulis Susy Susanti.

Melalui pesan ini, Susy Susanti tentunya berjarap tim Merah Putih bisa meneruskan tradisi emas yang dimiliki bulutangkis Indonesia dalam sejarah Olimpiade.

Seperti diketahui, cabor bulutangkis sejatinya sudah ada sejak Olimpiade Munich 1972. Namun, cabor tersebut kala itu masih berstatus ekshibisi.

Kala itu Indonesia berhasil menorehkan prestasi lewat Rudy Hartono dan Ade Chandar/Christian Hadinata, dengan memenangkan medali emas. Sayangnya, medali ini tak dihitung ke dalam pencapaian kontingan.

Baru di Olimpiade Barcelona 1992, atau 20 tahun kemudian, ketika bulutangkis resmi dimasukkan ke dalam cabor Olimpiade, Indonesia memenangkan emas pertama lewat Alan Budikusuma dan Susy Susanti.

Sampai saat ini, bulutangkis masih menjadi lumbung emas bagi Indonesia. Ada tujuh medali emas dari total 19 medali yang dimenangkan Indonesia dari ajang tepok bulu.