Hasil Bulutangkis Olimpiade Tokyo: Digempur Malaysia, Hendra/Ahsan Gagal Bawa Pulang Perunggu

Sabtu, 31 Juli 2021 19:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© NOC Indonesia
Pebulutangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © NOC Indonesia
Pebulutangkis ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil pertandingan perebutan medali perunggu ganda putra bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 antara wakil Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan kontra pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Sabtu (31/07/21).

Bertanding di Musashino Forest Sports Plaza, Hendra/Ahsan gagal mempersembahkan medali perunggu untuk Indonesia usai dikalahkan Aaron Chia/Soh Sooi Yik lewat permainan  rubber set dengan skor 21-17, 17-21, 14-21.

Hendra/Ahsan mengawali set pertama dengan langsung memberikan ancaman kepada pasangan Malaysia. Namun, Aaron/Soh tetap tak bergeming dengan pertahanannya yang kokoh.

Reli panjang sempat terjadi yang memaksa kedua pasangan makin fokus ke permainan. Skor berkejaran dengan kini kedudukan imbang 5-5.

Pasangan Negeri Jiran masih mencoba merebut permainan, sedangkan Hendra/Ahsan masih melancarkan serangan bertubi-tubi.

Interval pertama dicapai dengan Aaron/Soh meraih keunggulan 11-9 atas Hendra/Ahsan.

Usai turun minum, permainan Hendra/Ahsan mulai berkembang. Kesalahan yang dilakukan pasangan Malaysia juga sempat membantu pasangan The Daddies ini bangkit mengejar.

Sebuah pukulan smash dropshot Ahsan membalikkan keadaan menjadi 14-13. Hendra/Ahsan pun makin tajam mengiris jantung pertahanan Aaron/Soh hingga lawan mereka kewalahan.

Hendra/Ahsan semakin memperlebar jarak. Pukulan-pukulan smash tak terbendung membuat  mereka mencapai matchpoint 20-16.

Sempat kecolongan satu poin, Hendra/Ahsan akhirnya mengunci kemenangan setelah pasangan Malaysia salah membaca arah kok. Hendra/Ahsan menang di set pertama 21-17.  

Lanjut di set kedua, pasangan Malaysia lebih dulu mencuri poin dan ingin meninggalkan Hendra/Ahsan lebih jauh. Namun The Daddies menempel dengan ketat di belakang mereka.

Pada skor 6-6, Ahsan menempatkan kok di ruang kosong yang tak dihuni Aaron/Soh. Kedudukan pun berbalik menjadi milik Indonesia, 8-6.

Kesalahan servis Malaysia menguntungkan Hendra/Ahsan, dan interval kedua pun dicapai dengan skor 11-7.

Melanjutkan laga, Aaron/Soh menahan permainan Hendra/Ahsan dan berhasil menyamakan kedudukan menjado 12-12. Kejar-kejaran skor pun terjadi lagi antara kedua pasangan hingga skor 16-16.

Malaysia mencatat keunggulan 18-16, mereka semakin di atas angin ketika pukulan Ahsan menyangkut di net di matchpoint 20-17, sebelum Aaron/Soh memenangi gim kedua dengan 17-21.