Teriak Sumpah Serapah Selama Pertandingan, Ganda Putri China Minta Maaf

Sabtu, 31 Juli 2021 11:52 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© HUMAS PBSI
Pebulutangkis China, Chen Qingchen saat dalam konferensi pers BCA Indonesia Open SSP 2017. Copyright: © HUMAS PBSI
Pebulutangkis China, Chen Qingchen saat dalam konferensi pers BCA Indonesia Open SSP 2017.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis ganda putri China, Chen Qingchen, menjadi viral di negaranya gara-gara mengeluarkan sumpah serapah selama pertandingan di Olimpiade Tokyo 2020.

Pebulutangkis berusia 24 tahun ini terdengar menyebut “c**” dalam bahasa Mandarin, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “f***” atau sumpah serapah yang bernada seksual.

Setidaknya ia mengucapkan kata tersebut 25 kali dalam pertandingan melawan ganda putri Korea Selatan, Selasa (27/07/21) lalu.

Di pertandingan set pertama, Chen Qingchen yang berduet dengan Jia Yifan tertinggal dengan skor tipis, 19-21. Frustrasi, di set kedua Chen berteriak lebih keras dengan kata-kata kasar tadi, termasuk ketika mendapat poin.

Menjadi ramai diperbincangkan di negaranya, Chen Qingchen pun menyampaikan permintaan maaf dalam sebuah pernyataan selepas pertandingan.

Dalam pernyataan tersebut, Chen tidak mengaku dirinya mengeluarkan kata-kata kasar. Ia menyatakan salah mengucapkan kata-kata tertentu sehingga terdengar seperti mengeluarkan sumpah serapah.

“Saya memberikan diri saya semangat untuk mencetak poin. Saya tak menyangka pengucapan saya yang buruk mungkin menyebabkan kesalahpahaman untuk semuanya. Saya gugup. Terima kasih atas dukungan Anda. Saya juga akan menyesuaikan pengucapan saya,” tuturnya, dikutip dari Newsweek.

Namun pemain unggulan kedua di Olimpiade ini tidak menyebutkan apa kata-kata yang sebenarnya ia maksud.

IDS Emoticon Suka
Suka
3%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
3%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
6%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
24%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
9%
IDS Emoticon Takut
Takut
3%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
6%
IDS Emoticon Marah
Marah
47%