Hasil Bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020: Ke Final, Greysia/Apriyani Cetak Sejarah!

Sabtu, 31 Juli 2021 09:11 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Yosef Bayu Anangga
© NOC Indonesia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses merebut tiket final Olimpiade Tokyo 2020 dari pasangan Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan dalam dua set saja, Sabtu (31/07/21). Copyright: © NOC Indonesia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses merebut tiket final Olimpiade Tokyo 2020 dari pasangan Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan dalam dua set saja, Sabtu (31/07/21).

INDOSPORT.COMGreysia Polii/Apriyani Rahayu sukses merebut tiket final Olimpiade Tokyo 2020 dari pasangan Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan dalam dua set saja, Sabtu (31/07/21).

Laga yang berlangsung di Musashino Forest Sports Plaza ini dibuka dengan poin untuk pasangan Korea. Pertandingan lantas berlangsung dengan alot, tapi ganda Korea mampu menjauhkan keunggulan hingga tiga poin.

Pasangan unggulan keempat ini pun unggul di interval set pertama 11-8. Namun usai interval, Greysia/Apriyani tampil lebih berhati-hati dan sukses meraup lima angka beruntun. Keadaan pun berbalik 13-11.

Pertahanan Korea yang sulit ditembus akhirnya memaksa Apriyani melakukan kesalahan sendiri. Skor kembali imbang 14-14.

Pasangan Indonesia sempat menjauhkan keunggulan menjadi 17-15 berkat smash-smash keras Apriyani. Namun Korea sanggup kembali menyamakan kedudukan 18-18.

Sebuah pengembalian Greysia setelah bertubi-tubi diserang akhirnya melebar dan membuat pasangan Korea kembali unggul. Lee So-hee sempat mengajukan protes karena pukulan Apriyani yang dinilai double touch, tapi protes tersebut tak diindahkan wasit.

Set pertama pun sanggup diamankan Greysia/Apriyanya dengan skor ketat 21-19.

Memasuki set kedua, pertandingan masih berjalan alot dan dibuka dengan skor 1-1. Pemain Korea sempat mengganti raket di sela-sela rally, tapi penempatan kok yang ciamik dari Apriyani membuat pemain Korea kagok dan memberikan poin untuk pasangan Indonesia.

Set kedua pun kembali terjadi kejar-mengejar angka. Namun sebuah pengembalian yang melebar dari Apriyani membuat pasangan Korea menjauh 9-6.

Selepas interval, Greysia/Apriyani menyamakan kedudukan 11-11 setelah tertinggal dua angka. Pasangan ranking 6 dunia ini pun sanggup membalikkan keadaan di poin 13-12.

Pertandingan kembali berjalan sengit, tapi pasangan Indonesia tampil ngotot dan unggul tiga angka, 19-16.

Sebuah pengembalian tak sempurna dari pasangan Korea Selatan akhirnya menyudahi pertandingan. Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses merebut tiket final Olimpiade Tokyo 2020 dengan kemenangan 21-19 dan 21-17. Pasangan ini memastikan medali pertama untuk Indonesia di sektor ganda putri Olimpiade.

Di partai final, Greysia/Apriyani masih menunggu pemenang antara unggulan kedua, Chen Qingchen/Jia Yifan (China) melawan Kim So-yeong/Kong Hee-yong.