In-depth

Olimpiade Tokyo 2020 yang Tak Ramah Bagi Para Pebulutangkis Nomor 1 Dunia

Jumat, 30 Juli 2021 18:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Lintao Zhang/Getty Images.
Aksi Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon saat melawan ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Olimpiade Tokyo 2020. Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images.
Aksi Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon saat melawan ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Olimpiade Tokyo 2020.

INDOSPORT.COM - Cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Tokyo 2020 menghadirkan sejumlah kejutan bagi mereka yang menyandang predikat nomor satu dunia.

Para pebulutangkis nomor satu dunia yang berjuang di Musashino Forest Sports PLaza, Jepang, harus menelan pahit dan manisnya kompetisi untuk meraih medali emas.

Salah satu yang tidak terduga adalah tumbangnya beberapa nama-nama unggulan dengan reputasi ranking nomor satu dunia di cabor bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020 ini.

Terbaru adalah ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang harus angkat koper dari Jepang. 

Kevin/Marcus datang ke Olimpiade Tokyo 2020 penuh dengan tekanan dan ekspektasi tinggi publik, mengingat mereka menyandang status unggulan pertama dengan ranking satu dunia di sektor ganda putra.

Sayang ekspektasi tersebut tidak bisa dibayar tuntas oleh Kevin/Marcus karena langkahnya dihentikan oleh pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak perempatfinal.

Padahal perjalanan Kevin/Marcus di Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung sangat mulus.

Di babak penyisihan mereka hanya satu mengalami kekalahan. Partai pertama mereka menang atas wakil Inggris, Ben Lane/Sean Vendy dua gim langsung 21-15, 21-11.

Partai kedua giliran wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang jadi korban Kevin/Marcus. The Minions menang dua gim langsung 21-13, 21-12.

Di laga terakhir Grup C, Kevin/Marcus harus puas dengan kekalahan dari pasangan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin lewat rubber gim 18-21, 21-15, 17-21.

Kendati demikian, Kevin/Marcus lolos ke babak perempatfinal. Namun di fase gugur mereka dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 14-21, 17-21.

Bukan hanya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saja pebulutangkis nomor satu dunia yang tersingkir dari Olimpiade Tokyo 2020. Ada beberapa nama lainnya, siapa saja mereka?