Olimpiade Tokyo 2020: Rekor Pertemuan Greysia/Apriyani vs Chen/Jia

Minggu, 1 Agustus 2021 15:05 WIB
Editor: Juni Adi
© NOC Indonesia
Aksi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ke final Olimpiade Tokyo Copyright: © NOC Indonesia
Aksi Greysia Polii dan Apriyani Rahayu ke final Olimpiade Tokyo

INDOSPORT.COM - Sudah sembilan kali pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu bertemu dengan wakil China ini sebelum final Olimpiade Tokyo 2020. Siapa yang lebih unggul?

Ganda putri asal Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses menorehkan kebanggaan untuk rakyat Tanah Air setelah mampu menembus final cabang olahraga bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020.

Greysia/Apriyani lolos setelah di babak semifinal mengalahkan pasangan ganda putri Korea Selatan, Shin Seung-chan/Lee So-hee dengan skor 21-19, 21-17 pada Sabtu (31/07/21) kemarin.

Di partai final, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan wakil China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Keberhasilan Greysia/Apriyani ini tercatat sebagai ejarah dengan menjadi ganda putri Indonesia pertama yang tampil di final Olimpiade .

Chen/Jia menyusul ke final berkat kemenangan dengan skor 21-15, 21-11 atas pasangan Korea Selatan Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Keduanya pasangan ganda putri ini akan berhadapan di Musashino Forest Sport Plaza pada Senin (02/08/21) mulai pukul 11:00 WIB.

Waktu pertandingan turut bergantung pada durasi partai perebutan medali perunggu nomor ganda putri yang dimainkan sebelum final.

Merujuk pada basis data Tournament Software, sudah ada 9 pertemuan Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. 

Tiga kemenangan di antaranya direbut Greysia/Apriyani dan enam sisanya jadi milik Chen/Jia.

Terakhir kali keduanya bertemu terjadi di ajang BWF World Tour Final 2019 lalu. Kala itu Greysia/Apriyani dibuat kerja keras karena harus bermain rubber gim oleh Chen/Jia.

Namun pada akhirnya Greysia/Apriyani tak bisa berbuat banyak. Mereka kalah dengan skor 21-17, 10-21, dan 16-21. Secara rekor, tentu Greysia/Apriyani patut waspada.

Karena mereka kerap ditaklukan oleh pasangan Negeri Tirai Bambu itu. Ditambah lagi Chen/Jia juga lebih diunggulkan.

Karena dalam ranking BWF mereka lebih tinggi dari Greysi/Apriyani yakni menempati urutan ke-3 sedangkan pasangan Indonesia, berada di peringkat ke-6 dunia.

Akan tetapi hal tersebut tidak bisa menjadi rujukan untuk membuat Greysia/Apriyani tampil trengginas dan merebut medali emas di final nanti.

Sebab, Greysia/Apriyani dalam kiprahnya di Olimpiade Tokyo 2020 ini sangat memukau termasuk menyingkirkan perlawanan pasangan ganda putri nomor satu dunia asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di penyisihan grup.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang lewat rubber game 24-22, 13-21, dan 21-8. Hasil ini meloloskan ganda putri Indonesia itu ke babak berikutnya dengan status juara grup.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%