Buntut Kekalahan Ganda Putra China dari Taiwan: Jadi Meme hingga Hilang Sponsor

Rabu, 4 Agustus 2021 18:31 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Ganda putra asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Ganda putra asal Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

INDOSPORT.COM – Buntut kekalahan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen dari ganda Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin di final Olimpiade Tokyo 2020 ternyata membuat kondisi di kedua negara memanas.

Netizen di China panas setelah final Olimpiade tersebut, terutama setelah Lee Yang menulis dirinya mempersembahkan kemenangannya untuk “negara saya, Taiwan” dalam postingan di Facebook.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen juga memberikan ucapan selamat kepada kedua pemain karena “telah memenangkan emas pertama untuk negara kita di bulutangkis”.

Pemerintah China sendiri menganggap Taiwan sebagai bagian negaranya. Taiwan pun harus berkompetisi menggunakan bendera dan lagu kebangsaan khusus ketika di podium.

Tak hanya Lee Yang dan Wang Chi Lin yang menjadi sasaran kekesalan rakyat China, tapi juga para artis yang terlihat mendukung kemenangan mereka berdua.

Mengutip laporan Daily Mail, mantan presenter Dee Hsu yang punya banyak fans di China, kehilangan sejumlah sponsor dengan merek China dalam beberapa hari setelah menyebut atlet Taiwan sebagai “atlet nasional” di Instagram.

Merek-merek yang memutus kontrak dengan Dee Hsu di antaranya adalah merek teh bernama Shou Quan Zhai dan produsen mainan seks Osuga.

“Osuga dengan tegas mendukung penyatuan negara kita dan berlawanan dengan segala komentar dan aksi yang mencoba memecah negara,” tulis pernyataan mereka di akun Weibo.

Penyanyi pop Taiwan Jolin Tsai juga memercikkan kemarahan di China setelah membagikan foto-foto kedua pemain bulutangkis itu dan atlet lainnya di media sosial.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%