Piala Sudirman dan Thomas-Uber di Depan Mata, Alan Budikusuma Beri Wejangan Berharga

Rabu, 25 Agustus 2021 16:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, pasangan legendaris bulutangkis Indonesia. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Susy Susanti dan Alan Budikusuma, pasangan legendaris bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Indonesia, Alan Budikusuma, berpesan satu hal jelang perjuangan Indonesia menuju dua kejuaraan penting, yakni Piala Sudirman dan Piala Thomas-Uber.

Tak kurang dari dua bulan, tim bulutangkis akan menjalani turnamen beregu campuran Piala Sudirman dan juga ajang beregu putra dan putri bertajuk Piala Thomas dan Uber 2020.

Piala Sudirman akan dihelat di Vantaa, Finlandia pada 26 September-3 Oktober. Sementara Piala Thomas & Uber 2020 berlangsung pada 9-17 Oktober di Aarhus, Denmark.

Menghadapi dua kejuaraan yang hanya berselang sepekan tersebut, mantan pemain tunggal putra Alan Budikusuma mengatakan ada eberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam persiapannya.

“Secara persiapan tidak banyak waktu karena ada Piala Sudirman kemudian dilanjutkan dengan Piala Thomas Uber. Yang bisa dilakukan pastinya jaga kondisi, stamina dan fisik jangan sampe sakit. Teknik dan strategi juga harus disiapkan oleh pelatih,” kata Alan dilansir dari pbdjarum.com.

Persiapan teknik dan strategi saja ternyata tak cukup. Sebab, Alan Budikusuma menekankan kekompakan tim harus jadi fokus utama karena tekanan berbeda akan dirasakan saat tampil di pertandingan beregu.

“Yang juga cukup penting ada di sisi pelatih dan pimpinan projectnya untuk menjaga kebersamaan,” lanjut suami Susy Susanti ini.

Alan menjelaskan biasanya di kejuaraan beregu ada manajer atau CDM (Chief de Mission) yang memiliki posisi penting untuk mengatur keseluruhan tim baik secara teknis dan non teknis. Mereka bertugas untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan.

“Karena ini kan pertandingan beregu. Komunikasi, kebersamaan dan strategi memiliki porsi yang sama pentingnya,” jelas Alan.