Richard Mainaky Ungkap Tantangan Terbesar Melatih Ganda Campuran Indonesia

Senin, 13 September 2021 20:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© 360badminton
Richard Mainaky pensiun dari pelantas PBSI. Copyright: © 360badminton
Richard Mainaky pensiun dari pelantas PBSI.

INDOSPORT.COM Richard Mainaky mengungkap kesulitan terbesar saat melatih ganda campuran Indonesia dalam wawancaranya mengenai keputusannya pensiun sebagai pelatih.

Baru-baru ini dunia bulutangkis nasional dikejutkan dengan keputusan Richard Mainaky, yang mengumumkan akan pensiun sebagai pelatih pada 27 September mendatang karena alasan keluarga.

Pelatih yang akrab disapa Kak Icad ini pun melakukan wawancara secara eklusif dengan PBSI, dan kupas tuntas mengenai pengalaman berharga, suka dan duka selama menjadi pelatih ganda campuran di Pelatnas Cipayung.

Salah satunya ialah mengungkapkan tantangan terbesarnya saat melatih sektor ganda campuran. Richard Mainaky menyebut bahwa ego dan perasaan merupakan kesulitan terbesarnya kala melatih para anak didiknya.

“Memang sulit ya karena ganda campuran kan yang main dua orang tapi yang satu putra dan satu putri,” kata Richard, dilansir dari laman resmi PBSI.

“Yang putra lebih ke ego sementara putri lebih ke perasaan. Tapi saya merasa ini adalah seni yang menantang bukan beban,” tambahnya.

Lebih lanjut, Richard Mainaky juga secara spesifik mengungkapkan alasan dibalik keputusannya pensiun sebagai pelatih ganda campuran Indonesia.