Greysia/Apriyani Juara Olimpiade, Eng Hian Berharap Ganda Putri Indonesia Bisa Tiru Jepang

Sabtu, 18 September 2021 13:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© PBSI
Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian. Copyright: © PBSI
Pelatih ganda putri Indonesia, Eng Hian.

INDOSPORT.COM – Eng Hian membawa ganda putri kebanggaan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Lantas, apa target selanjutnya?

Dalam wawancara bersama laman Badminton Asia, Eng Hian menjabarkan proyeksi untuk tim ganda putri pelatnas ke depannya.

Pelatih yang pernah berkarier di Singapura ini menyebut ada aura berbeda dari anak-anak didiknya seusai Greysia/Apriyani membawa pulang medali emas Olimpiade.

“Dari apa yang saya lihat, sejak kami kembali dari Olimpiade, ada aura berbeda dengan pasangan ganda putri. Mereka terlihat lebih percaya diri, dan ini bukan berarti mereka menjadi arogan, tapi percaya diri dalam hal latihan,” tutur Eng Hian.

“Salah satu kelemahan ganda putri adalah mereka tak yakin dengan apa yang bisa mereka capai dari sesi latihan. Dan sekarang setelah mereka melihat apa yang dilakukan para seniornya, mereka berkata pada diri sendiri, ‘Wow, sepertinya saya juga bisa melakukannya, coach’.”

Eng Hian juga berharap ganda putri Indonesia bisa memanfaatkan momentum dan terus regenerasi layaknya tim ganda putri Jepang yang merajai sektor ini dalam beberapa tahun belakangan.

“Bagi saya, saya melihat mereka setiap harinya dan saya melihat kualitas mereka sangat berbeda. Kami berharap dengan momentum ini kita bisa menjadi seperti Jepang. Saat 2016 mereka memenangkan medali emas dan momentumnya dimanfaatkan oleh para junior,” paparnya lagi.

“Mereka sekarang lebih percaya diri dan mereka tahu tujuan dan target serta latihan mereka.”