Profil Tim Piala Sudirman 2021: India, Skuat Mini yang Tampil Pincang

Rabu, 22 September 2021 21:17 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor:
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

INDOSPORT.COM – India menjadi salah satu tim dari sejumlah negara yang berpartisipasi di Piala Sudirman 2021. Berikut profil singkat skuat India di ajang bulutangkis bergengsi tersebut.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir sebentar lagi yakni pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Ajang Piala Sudirman sendiri merupakan turnamen yang digelar 2 tahun sekali, di mana pertama kali kejuaraan ini dicetuskan oleh Indonesia dan pertama kali di gelar di Istora Gelora Bung Karno pada 24-29 Mei 1989, dan pada tahun tersebutlah menjadi satu-satunya gelar yang diraih Tanah Air.

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17, di mana pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang akan bertanding dan dibagi ke dalam empat grup berbeda.

Salah satunya ialah India, yang menjadi peserta dan tergabung di dalam Grup A bersama sang juara bertahan China, kemudian ada Thailand dan tuan rumah Finlandia. Berikut profil singkat tim India di Piala Sudirman 2021:

  1. Rekam Jejak

Sepak terjang India di ajang Piala Sudirman tak begitu apik, karena belum pernah melangkah jauh maupun mendaftarkan namanya sebagai peraih gelar juara sejak ajang itu pertama kali dimulai pada 1989.

Meski tak pernah menjadi turnamen andalan, namun India sempat mencatatkan pencapaian terbaiknya ialah hingga babak perempat final.

Momen bersejarah itu terjadi pada Piala Sudirman edisi 2011 dan 2017, di mana Saina Nehwal dkk terpaksa takluk dari China dalam dua periode tersebut.

Pada edisi 2011, China mampu mengalahkan India dengan skor 3-0. Kemudian momen mimpi buruk itu kembali terjadi pada 2017 dengan India kalah telak 3-0.

Sejak saat itu, India belum pernah lagi merasakan momen terbaiknya atau setidaknya mencapai babak semifinal dan peringkat tertinggi mereka ialah posisi kelima yang dicapai pada 2011 dan 2017.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%