Profil Tim Piala Sudirman 2021: Thailand, Berpotensi Jadi Kuda Hitam

Rabu, 22 September 2021 11:43 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Thailand menjadi negara peserta di kejuaraan beregu campuran Piala sudirman 2021 yang akan bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia. Copyright: © INDOSPORT
Thailand menjadi negara peserta di kejuaraan beregu campuran Piala sudirman 2021 yang akan bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober 2021 di Vantaa, Finlandia.

INDOSPORT.COM – Thailand menjadi salah satu peserta Piala Sudirman 2021 yang penampilannya bisa mengejutkan di Grup A yang dihuni China, India, dan Finlandia.

Turnamen beregu campuran paling bergengsi di dunia bulutangkis, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir. Tepatnya pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.  

Kota Vantaa di Finlandia akan menjadi tuan rumah turnamen 2 tahunan ini.  Piala Sudirman 2021 akan menjadi turnamen ke-17 ajang bergengsi ini sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Sebanyak 16  negara menjadi peserta Piala Sudirman 2021, dan Thailand  menjadi salah satu negara peserta.  Thailand tergabung di Grup A bersama juara bertahan China, lalu India, dan tuan rumah Finlandia. Berikut profil  Thailand: 

1. Rekam Jejak

Pada perhelatan Piala Sudirman, Thailand belum pernah melangkah jauh dan mencatatkan namanya sebagai peraih gelar juara sejak 1989.

Kendati begitu, Thailand punya trend positif sejak Piala Sudirman digelar pada 2013 di Kuala Lumpur Malaysia. Kala itu, Thailand mampu menembus ke babak semifinal untuk pertama kalinya.

Namun Thailand gagal melangkah ke final setelah dibantai 3-1 oleh Korea Selatan. Setidaknya, capaian itu berhasil dipertahankan Thailand dengan menjadi semifinalist di Piala Sudirman 2017 dan 2019.

Tentu trend positif itu diharapkan dapat berlanjut bahkan mendapatkan hasil lebih baik di tahun ini. Terlebih materi pemain yang ada, membuat Tim Gajah Putih tersebut punya peluang besar untuk meraih hasil lebih baik.  

2. Skuat dan Sektor Unggulan

Sektor paling kuat yang dimiliki oleh Thailand saat ini adalah ganda campuran peringkat 3 dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Teirathanachai.

Keduanya bahkan menjadi unggulan di beberapa turnamen BWF World Tour 2021. Kendati keduanya gagal meraih medali Olimpiade Tokyo, namun pasangan ini berhasil raih hattrick gelar dalam Asian Leg di awal tahun 2021.

Selain itu, kendati tak diperkuat Ratchanok Intanon, Thailand masih bisa mengandalkan tunggal putri peringkat 11 dunia Pornpawee Chochuwong yang punya grafik penampilan meningkat.

Terakhir kali Pornpawee mampu menembus semifinal HSBC World Tour Final 2020 di Thailand pada awal Januari 2021. Dia juga menjadi runner up All England 2021.

Putra

Kantaphon Wangcharoen
Kunlavut Vittidsarn
Supak jomkoh
Kittinupong Kedren
Dechapol Puavaranukroh
Tanupat Viriyangkura
Natthapat Trikanjee

Putri:

Busanan Ongbamrungphan
Pornpawee Chochuwong
Phittayaporn Chaiwan
Rawinda Prajongjai
Jongkolphan Kititharakul
Nuntakarn Aimsaard
Benyapa Aimsaard
Sapsiree Taerathanachai
Puttita Supajirakul
Supissara Paewsampran