Alasan Legenda Ganda Putra Indonesia Pilih Piala Thomas Ketimbang Piala Sudirman

Senin, 4 Oktober 2021 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
© beritagar.id
Rudy Gunawan/Eddy Hartono Copyright: © beritagar.id
Rudy Gunawan/Eddy Hartono

INDOSPORT.COM - Mantan pebulutangkis ganda putra legendaris Indonesia, Rudy Gunawan mengaku lebih suka mengikuti Piala Thomas daripada Piala Sudirman.

Saat ini, Indonesia memang gagal meraih trofi juara Piala Sudirman 2021, yang digelar di Vantaa, Finlandia. Anthony Ginting dkk takluk dari Malaysia di fase perempat final.

Setelah Piala Sudirman, pebulutangkis pria akan mengikuti ajang beregu Piala Thomas, dan pebulutangkis wanita juga akan unjuk gigi di kejuaraan beregu, yakni Piala Uber.

Usut punya usut, salah satu pebulutangkis legendaris asal Indonesia, Rudy Gunawan mengaku memang lebih suka mengikuti Piala Thomas daripada Piala Sudirman.

Saat menjadi bintang tamu dalam program Ngulik Sudirman Cup di Youtube PB Djarum, Koh Gun, sapaan akrabnya, mengaku sulit untuk bekerja sama dengan atlet wanita.

"Saya kalau disuruh pilih, lebih suka Piala Thomas. Thomas itu nggak campuran, yang perempuan sama perempuan, yang laki-laki sama laki-laki," ungkap Rudy Gunawan.

"Jadi kita ini kesatuannya cukup bagus, cuma untuk bermainnya, kadang emosi perempuan sama laki-laki beda, cara pandang perempuan sama lelaki beda."

Namun, Rudy meluruskan jika kesulitan ini sempat terjadi ketika ia masih aktif bermain, yakni saat akhir 1980-an hingga 1990-an, saat pemain putri masih kurang dominan.

"Saya pernah punya pengalaman (bicara keceplosan): ini kok mati, kok tanggung. Saya nggak bisa bilang kamu harus begitu, karena putri kita kemampuannya ya segitu."

"Bukan merendahkan sih, dulu tuh memang ganda putrinya agak sulit, nggak ada lagi, dan memang sudah angkat tangan untuk ganda campurannya, nggak ada orang lagi."

Di sisi lain, Rudy Gunawan sejatinya sempat berharap pada pemain putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan Gregoria Mariska Tunjung saat Piala Sudirman 2021.

Sayangnya, meski keduanya sempat tampil apik dan menaklukkan Malaysia, namun di tiga sektor lainnya, Indonesia takluk dan harus merelakan trofi Piala Sudirman 2021.