Tim Inggris Resmi Mundur dari Piala Thomas 2020, Ini Alasannya

Selasa, 5 Oktober 2021 11:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© The Telegraph
Menghitung hari jelang kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas-Uber 2020, Tim bulutangkis Inggris malah mendadak mundur dari kompetisi. Copyright: © The Telegraph
Menghitung hari jelang kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas-Uber 2020, Tim bulutangkis Inggris malah mendadak mundur dari kompetisi.

INDOSPORT.COM – Menghitung hari jelang kejuaraan bulutangkis beregu Piala Thomas-Uber 2020, Tim bulutangkis Inggris malah mendadak mundur dari kompetisi.

Padahal sejatinya Inggris sangat berpeluang untuk lolos ke babak perempat final dengan komposisi pemain yang terdaftar.

Inggris berada di persaingan Grup D yang kompetitif bersama Jepang, Malaysia, dan Kanada. Namun sebuah keputusan sulit itu harus diambil oleh Federasi Bulutangkis Inggris karena alasan cedera pemain.

Melansir laman Badminton England, pada Selasa (09/10/21), dikatakan bahwa tiga dari empat pemain tunggal terpilih Inggris mengalami cedera.

“Badminton Inggris hari ini mengumumkan penarikan tim yang dijadwalkan berlaga di Piala Thomas di Denmark akhir pekan ini. (Hal itu) karena cedera pada tiga dari empat pemain tunggal terpilih,” tulis laman Badminton England.

“Cedera pada pemain peringkat teratas berarti bahwa Badminton England tidak dapat menurunkan tim yang kompetitif dan, oleh karena itu, telah mengambil keputusan sulit untuk mundur dari turnamen,” pungkas pengumuman tersebut.

Seperti diketahui, Piala Thomas dan Uber 2020 akan digelar di Aarhus, Denmark, pada 9 hingga 17 Oktober 2021. Pelaksanaannya hanya berselang seminggu dari perhelatan Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia.

Dengan sejumlah pemain yang cedera dari Finlandia, otomatis tidak ada waktu panjang bagi seorang atlet untuk melakukan pemulihan diri.

Hal itulah yang dirasa melatarbelakangi keputusan tim Inggris untuk mengundurkan diri dari Piala Thomas. Meskipun sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Inggris mengundurkan diri dari Piala Thomas.

Diketahui, pada tahun 2018 lalu, tim Piala Thomas Inggris juga mengundurkan diri karena masalah yang sama. Hal itu berbarengan dengan keputusan tim Uber Spanyol yang juga mengundurkan diri.

Saat itu, BWF pun akhirnya membuat keputusan untuk mencari negara peserta baru yang akhirnya diisi oleh Hong Kong dan Prancis.  

Belum diketahui apakah sekarang Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan melakukan langkah yang sama usai Inggris mengundurkan diri.

Namun bisa jadi, Grup D akan terus bersaing dengan hanya tiga negara. Meski begitu, siapa yang berhak ke perempatfinal hanya 2 negara di teratas di peringkat klasemen grup.

Berikut skuat Inggris yang sebelumnya terdaftar di Piala Thomas 2020:

Clare Mattheew, Callum Hemming, Harry Huang, Toby Penty, Ben Lane, Sean Vendy, Ethan Rose, Steven Stallwood, Johnnie Torjussen, Ethan Van Leeuwen.