Hasil Piala Thomas 2020: Dipaksa Peras Keringat, Fajar/Rian Gagal Sumbang Poin

Rabu, 13 Oktober 2021 16:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© badminton.ina
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka keunggulan Indonesia atas Kanada di Piala Sudirman 2021 Copyright: © badminton.ina
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membuka keunggulan Indonesia atas Kanada di Piala Sudirman 2021

INDOSPORT.COM – Berikut ini hasil pertandingan partai ketiga grup  A Piala Thomas 2020 antara Indonesia vs Chinese Taipei, Rabu (13/10/21), di mana Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhadapan dengan Lee Yang/Wang Chi-lin.

Tim bulutangkis Indonesia berada di Grup A bersama tim Piala Thomas Chinese Taipei, Thailand, dan Aljazar. Di Partai ketiga, Indonesia berhadapan dengan Chinese Taipei.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting sudah membuka keunggulan untuk Indonesia 1-0 setelah mengalahkan Chou Tien Chen secara straight gim 22-20, 21-16.

Sayang, keunggulan Indonesia gagal dilanjutkan usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dipaksa mengakui keunggulan peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Lee Yang/Wang Chi-lin, lewat permainan rubber set 26-28, 21-16, 14-21.

Bertanding di Aarhus, Denmark, Fajar/Rian yang sempat membuka angka pertama justru berbalik tertinggal dari Lee/Wang. Namun, pasangan ini tampil kompak untuk berusaha mengejar kedudukan.

Kedua pasangan pun saat ini saling jual beli serangan untuk mencoba mencuri poin demi poin. Fajar/Rian mencoba tak mau mengalah dari serangan Lee/Wang.

Kedudukan 10-10, ketika sebuah jump smash dari Wang Chi-lin menyangkut di net yang memberikan angka bagi Fajar/Rian untuk mencapai interval pertama dengan keunggulan sementara.

Setelah turun minum, kedudukan Fajar/Rian terancam karena beberapa kesalahan yang dilakukan sendiri. Alhasil, situasi pun berbalik dengan Lee/Wang memimpin permainan 15-17.

Fajar/Rian mencoba menempel ketat meski masih tertinggal 18-19. Mereka tak segan-segan menyerang dan akhirnya kedudukan berimbang 19-19.

Di poin krusial, Lee/Wang berhasil unggul setelah pukulan Fajar menyangkut di net. Terjadi  deuce berkat blok tajam Fajar/Rian, kedudukan saat ini 21-21.

Situasi semakin memanas karena Lee/Wang dan Fajar/Rian tetap mempertahankan matchpoint. Bermain ketat, akhirnya Fajar/Rian harus mengaku keunggulan Lee/Wang dengan skor 26-28.

Di set kedua, Fajar/Rian langsung unggul 2-0 namun Lee/Wang berhasil menyamakan kedudukan. Kedudukan pun masing berlangsung sangat ketat antara kedua pasangan.

Kedudukan saat ini 9-10, sebelum Fajar/Rian menyamakan kedudukan berkat smash Rian yang tak mampu dikembalikan pasangan Chinese Taipei.

Di interval kedua, Lee/Wang sementara unggul 10-11. Usai turun minum, Fajar/Rian kembali menyamakan kedudukan menjadi 12-12.

Smash keras dari Rian mengenai tubuh Lee Yang membuat kedudukan kini berbalik menjadi 13-12. Sayang, keunggulan tak bertahan lama karena Lee/Wang masih berusaha mengimbangi permainan.

Pukulan smash menyilang yang dilakukan Fajar/Rian akhirnya membuat kedudukan berpihak pada mereka. Meski Lee/Wang juga bermain menyerang, Fajar/Rian tetap mampu bertahan dengan baik.

Fajar/Rian akhirnya mencapai matchpoin 20-16 setelah sebuah pukulan smash keras Fajar tak mampu dikembalikan Lee/Wang.  Pukulan Wang Chi-lin yang mengenai net akhirnya membuat Fajar/Rian menutup  set kedua dengan kemenangan 21-16.