Rekap Hasil Final Bulutangkis PON XX Papua: Jabar Tak Terbendung

Rabu, 13 Oktober 2021 23:43 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Logo PON XX 2021 Papua

INDOSPORT.COM - Rangkaian pertandingan bulutangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi berakhir pada Rabu, dengan menempatkan kontingen Jawa Barat di posisi "kahiji" atau pertama sekaligus menjadi juara umum.

Dari tujuh nomor yang dipertandingkan, pebulutangkis Jabar berhasil mengumpulkan tiga medali emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Melebihi capaian di PON 2016 ketika Jabar finis di posisi kedua dengan dua emas, tiga perak, lima perunggu.

Medali emas pertama Jabar di PON XX Papua diraih Saifi Riska Nurhidayah dari nomor tunggal putri setelah mengalahkan wakil Bali Komang Ayu Cahya Dewi di babak final.

Panji Ahmad Maulana memastikan emas kedua untuk Jabar dari nomor tunggal putra setelah melakoni duel all Jabar finals melawan Syabda Perkasa Belawa.

Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri penantian 17 tahun Jabar dalam mengembalikan gelar tunggal putra bulutangkis di ajang PON yang terakhir kali meraih emas pada PON 2004 Palembang, Sumatera Selatan.

Kemenangan di final 17 tahun silam itu diraih Taufik Hidayat setelah mengalahkan pebulutangkis DKI Jakarta Simon Santoso.

Ganda putra Pramudia Kusumawardana/Muhammad Shohibul Fikri mengamankan emas ketiga Jabar berkat kemenangannya atas unggulan pertama DKI Jakarta Adnan Maulana/Ghifari Ananda.