Ng Tze Yong Pernah Lawan Jonatan Christie, Sang Ayah Bangga Tak Terkira

Selasa, 19 Oktober 2021 18:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shi Tang/Getty Images
Keluarga dari Ng Tze Yong, tunggal putra muda Malaysia, merasa bangga anaknya bisa berhadapan dengan Jonatan Christie di Piala Thomas 2020. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Keluarga dari Ng Tze Yong, tunggal putra muda Malaysia, merasa bangga anaknya bisa berhadapan dengan Jonatan Christie di Piala Thomas 2020.

INDOSPORT.COM - Keluarga dari Ng Tze Yong, tunggal putra muda Malaysia, merasa bangga anaknya bisa berhadapan dengan Jonatan Christie dan memberi perlawanan sengit di babak perempat final Piala Thomas 2020. 

Dalam laga yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Jumat, 15 Oktober 2021 tersebut, Tze Yong memang kalah dari Jojo, sapaan akrab Jonatan, dengan skor 21-14, 19-21, 16-21.

Kekalahan ini semakin memperburuk situasi Malaysia dan berakhir dengan kedudukan 1-3 untuk Indonesia. Hasil ini membuat Malaysia tersingkir dan Indonesia melaju ke babak semifinal. 

Meski begitu, kedua orang tua Tze Yong tetap bangga karena anaknya mampu merepotkan peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut. Apalagi, Jonatan Christie adalah tunggal putra ranking tujuh dunia. 

"Itu adalah hari yang membanggakan bagi keluarga kami. Kami sangat bangga dengannya," kata Wilson Ng Soon Tuan, ayah Tze Yong, dikutip dari The Star.

"Itu mungkin menjadi pertandingan paling spesial baginya. Dia berjuang sangat keras dan membuat negara bangga." 

Wilson pun bersyukur karena Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) mau bersabar dan terus mendampingi anaknya hingga performanya terus berkembang. 

"Tze Yong bukanlah pemain yang bisa berkembang dengan cepat. Itu mungkin karena pertumbuhan fisiknya yang tertunda," kata Wilson. 

"Kami cukup khawatir dia tidak bisa bersaing secara fisik. Kami bahkan juga memberinya suplemen penambah berat badan saat dia masih remaja. Sayangnya itu tidak berhasil. Tetapi, dia sekarang sudah jauh berubah berkat bantuan Institut Olahraga Nasional."