Begini Rahasia Kekuatan Bulutangkis Jepang Menurut Runner Up Olimpiade London

Senin, 25 Oktober 2021 16:14 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© gettyimages
Mantan pebulutangkis Jepang Mizuki Fujii memberikan pendapatnya tentang kekuatan bulutangkis Jepang Copyright: © gettyimages
Mantan pebulutangkis Jepang Mizuki Fujii memberikan pendapatnya tentang kekuatan bulutangkis Jepang

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah salah satu rahasia kekuatan bulutangkis Jepang menurut peraih medali perak Olimpiade London 2012, Mizuki Fujii.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Jepang sanggup memuncaki klasemen peringkat negara BWF. Seperti adanya Kento Momota, Nozomi Okuhara, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dll.

Mereka juga mampu unjuk gigi di pentas Olimpiade dengan sejumlah prestasi. Diantaranya medali perak Olimpiade London dari Mizuki Fujii/Reika Kakiiwa, medali perunggu Olimpiade Rio 2016 dari Nozomi Okuhara.

Lalu  medali emas Olimpiade Rio 2016 dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dan terakhir medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 dari Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Bahkan teranyar, Jepang mampu tampil sebagai runner up Piala Uber 2020 dan juara umum turnamen level super 1000 Denmark Open 2021 yang telah rampung pada Minggu (24/10/21).

Hasil manis yang diraih oleh Jepang saat ini jelas bukan datang begitu saja.  Ada sejumlah faktor yang membuat mereka sekuat seperti saat ini. 

Mizuki Fujii sebagai salah satu pelopor perebut medali pertama Jepang di Olimpiade London mengungkapkan rahasia kebangkitan bulutangkis di negaranya.

Melansir dari laman Yahoo Japan yang dikutip dari  buku “Mengapa Bulutangkis Jepang Menjadi Kuat?”, Mizumi Fujii punya pendapatnya.

“Sebelum Park Joo-bong (pelatih kepala Jepang) datang, Jepang cenderung menghindari kompetisi level atas. Saya ikut turnamen dengan tujuan untuk mendapatkan poin dari evel 300 ke bawah karena pemain unggulan banyak yang tidak berpartisipasi,"

“Tetapi setelah Park datang, dia lantas berkata, “saya tidak tahu kemampuan kamu kecuali kamu bermain melawan pemain teratas. Tidak masalah kamu kalah, jadi pergilah ke turnamen dan hadapi lawan yang kuat,” ucap Mizumi Fujii.

Selain itu, secara ringkas, Mizumi Fujii juga mengungkapkan bahwa ukuran fisik yang tidak tinggi bukanlah masalah bagi seorang pemain bulutangkis.

Bagi pemain Jepang dengan tinggi 1,60 meter tersebut, untuk menjadi pebulutangkis hebat yang terpenting adalah punya keyakinan untuk tidak takut mencoba. Didukung dengan penyerangan dan pertahanan yang baik.