Ranking BWF World Tour Finals 2021 Race to Bali: Wakil Indonesia Ketar-Ketir

Rabu, 3 November 2021 13:30 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Sebagai juara Olimpaide Tokyo 2020, Greysia/Apriyani dipastikan lolos BWF World Tour Finals Bali 2021 Copyright: © PBSI
Sebagai juara Olimpaide Tokyo 2020, Greysia/Apriyani dipastikan lolos BWF World Tour Finals Bali 2021

INDOSPORT.COM – Sebagai tuan rumah, pebulutangkis Indonesia dibikin ketar-ketir karena hanya segelintir yang sudah dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2021 di Bali.

Saat ini hanya ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sudah dipastikan akan turun di kejuaraan BWF World Tour Finals 2021 pada 1-5 Desember 2021. Sementara pemain lain masih was-was.

Sesuai peraturan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), peserta yang bisa berlaga di BWF World Tour Finals adalah mereka yang  menempati ranking 8 besar klasemen Race to Bali.  

Klasemen ini berbeda dengan ranking BWF. Dalam klasemen Race to Bali, ranking pemain ditentukan dari poin yang didapat dari keikutsertaannya pada satu musim World Tour, mulai dari  S100 hingga S1000.

Terkhusus di tahun ini, peserta juga diharuskan untuk mengikuti dua turnamen lainnya yakni Indonesia Masters (16-21 November), dan Indonesia Open (23-28 November).

Jadi  dari aturan tersebut, sekalipun pemain memiliki peringkat 1 dunia pun belum dijadikan jaminan untuk tampil di ajang BWF World Tour Finals 2021.

Kecuali juara Olimpiade akan secara otomatis masuk kualifikasi seperti contohnya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Viktor Axelsen, dan Lee Yang/Wang Chi-lin.

Sementara nama-nama seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menempati ranking 7 dunia saat ini belum bisa dipastikan partisipasinya di BWF World Tour Finals 2021.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat ini masih menepati urutan ke 14. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih tertahan di peringkat. 15.

Sementara Kevin Sanjaya/Marcus F.Gideon berada di urutan yang lebih baik yakni ranking 7 meski posisi ini masih rawan tergeser dengan pemain lain.

Nama-nama lain seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, hingga Praveen Jordan/Melati Daeva masih tercecer di peringkat bawah.

Nama-nama lain seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, hingga Praveen Jordan/Melati Daeva masih jauh dari peringkat 8 besar.

Klasemen masih bisa berubah tergantung dari hasil HYLO German Open 2021 sebagai turnamen terakhir yang masuk perhitungan menuju BWF World Tour Finals 2021.