Ukir Prestasi Gemilang, PV Sindhu Dapat Tanda Jasa dari Presiden India

Senin, 8 November 2021 21:00 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis tunggal putri India, PV Sindhu mendapatkan tanda jasa dari Presiden negaranya setelah mengukir prestasi gemilang.

PV Sindhu diketahui menerima penghargaan Padma Bhushan yang diberikan langsung oleh Presiden Ram Nath Kovind. Penghargaan tersebut diberikan pada hari Senin (08/11/21).

Sebagai informasi, Padma Bhushan adalah penghargaan sipil tertinggi ketiga di Republik India, setelah Bharat Ratna dan Padma Vibhushan.

Penerima penghargaan tersebut diumumkan bertepatan pada Hari Republik di India setiap tahun. PV Sindhu sendiri mendapatkan penghargaan Padma Bhushan berkat prestasinya di dunia bulutangkis.

Salah satu prestasi membanggakan yang pernah diraih oleh Sindhu adalah medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, di Olimpiade Rio De Janeiro 2016, Sindhu berhak atas medali perak usai di partai final dikalahkan oleh pebulutangkis Spanyol, Carolina Marin.

"Ini adalah momen yang membanggakan. Saya berterima kasih kepada Pemerintah India. Penghargaan semacam ini memberi kami banyak dorongan, dukungan dan motivasi," ujar PV Sindhu dilansir Abp Live.

"Saya memiliki beberapa turnamen yang akan datang, saya akan memberikan yang terbaik untuk mereka," sambungnya lagi.

Penghargaan tersebut diberikan dalam berbagai disiplin ilmu seperti seni, pekerjaan sosial, urusan publik, sains dan teknik, perdagangan dan industri, kedokteran, sastra dan pendidikan, olahraga, pegawai negeri, dll.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Ram Nath Kovind telah menyetujui penganugerahan 141 Padma Awards yang meliputi 7 Padma Vibhushan, 16 Padma Bhushan dan 118 Padma Shri Awards.