Legenda Bulutangkis, Tan Joe Hok Raih Penghargaan Lifetime Achievement dari KONI

Sabtu, 13 November 2021 18:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis Indonesia, Tan Joe Hok, mendapat penghargaan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada Jumat (12/11/21).

Pria berusia 84 tahun itu dianugerahi Lifetime Achievement Award atau penghargaan seumur hidup dari KONI berkat sumbangsih mengangkat nama Indonesia di pentas olahraga dunia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, di Jakarta. Tan Joe Hok adalah atlet Indonesia pertama yang meraih gelar All England pada tahun 1959.

Dia juga adalah orang Indonesia pertama yang meraih emas Asian Games tahun 1962. Tak hanya itu rentetan gelar lain pun didapatnya, diantaranya Juara Kanada Terbuka 1960, Juara Amerika Serikat Terbuka 1959-1960, dan lain-lain.

Melansir Antara dari gerakkita, Marciano Norman memberikan penghargaan kepada Tan Joe Hok atas prestasi membanggakan yang telah diraihnya.

“Tan Joe Hok sudah juara saat Indonesia baru merdeka beberapa tahun, tetapi olahraga mengangkat bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Indonesia terangkat karena prestasi atlet-atletnya,” demikian kata Marciano Norman.

“Kami memberikan KONI Lifetime Achievement Award in Sport kepada Bapak Tan Joe Hok sebagai rasa hormat dan bangga kami atas prestasi yang beliau capai,"

"yang sampai hari ini memotivasi atlet-atlet Indonesia untuk juga bisa mencapai prestasi, yang dulu di masa sulit pun, Indonesia sudah berjaya,” sambungnya.

Atas penghargaan tersebut, Tan Joe Hok merasa terharu. Pasalnya ini adalah penghargaan yang didapat setelah teman-teman seperjuangannya banyak yang sudah berpulang.

Saya ucapkan terima kasih atas undangannya, atas penghargaan kepada saya, tidak hanya untuk saya saja pak tapi teman-teman saya yang sudah almarhum. Ini suatu penghargaan yang tidak bisa dinilai oleh apapun,” kata Tan Joe Hok.

“Pasti dari surga, mereka mengucapkan terima kasih kepada Bapak, Terima kasih Pak Marciano Norman, kami-kami ini masih dihargai” sambung Sang Legenda.