Indonesia Masters: Dicap Penghianat Karena Latih Malaysia, Hendrawan Panen Dukungan

Jumat, 19 November 2021 00:28 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© bwfworldtour.bwfbadminton
Di tengah Indonesia Masters, pelatih bulutangkis Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, panen dukungan usai dicap pengkhianat bangsa oleh netizen.. Copyright: © bwfworldtour.bwfbadminton
Di tengah Indonesia Masters, pelatih bulutangkis Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, panen dukungan usai dicap pengkhianat bangsa oleh netizen..

INDOSPORT.COM - Di tengah Indonesia Masters, pelatih bulutangkis Malaysia asal Indonesia, Hendrawan, panen dukungan usai dicap pengkhianat bangsa oleh netizen..

Diketahui, nama Hendrawan begitu harum di dunia bulutangkis Indonesia menyusul deretan prestasi yang telah dicapai, salah satunya meraih medali perak Olimpiade Sydney 2000.

Usai gantung raket  pada 2003, perlahan Hendrawan menapaki karier sebagai pelatih bulutangkis. Bahkan, ia sempat menjadi bagian dari Pelatnas PBSI.

Lalu pada 2010, Hendrawan menerima tawaran Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk melatih para talenta muda Negeri Jiran pada kala itu hingga saat ini.

Prestasinya pun cukup baik dengan menghasilkan beberapa tunggal putra andalan, Setelah Lee Chong Wei, Hendrawan sukses memunculkan andalan baru Malaysia yakni Lee Zii Jia.

Pebulutangkis berusia 23 tahun itu bahkan meroket prestasinya selama beberapa waktu ke belakang. Selain menjuarai All England 2021, Lee Zii Jia menghuni ranking 7 tunggal putra dunia.

Sejak itu kiprah Hendrawan pun kembali banjir sorotan seiring dengan prestasi cemerlang dari Lee Zii Jia yang mampu merepotkan para pemain unggulan di turnamen BWF, termasuk wakil Indonesia.

Meski demikian, kesuksesan Hendrawan melatih bulutangkis di Malaysia tersebut kerap kali mendatangkan cibiran dari sejumlah oknum.

Salah satu hal yang sering menimpanya adalah persoalan dirinya yang dicap tak nasionalis hingga dianggap sebagai penghianat bangsa karena lebih memilih melatih di Malaysia daripada di Indonesia.

Teranyar, Hendrawan mencurahkan isi hatinya melalui instagram @hendrawanbadminton pada Kamis (18/11/21), di tengah gelaran Indonesia Masters. Pria asal Malang tersebut mengunggah tangkapan layar tentang isi pesan seorang oknum yang menganggapnya sebagai penghianat bangsa.

Meskipun, unggahan tersebut telah dihapus oleh Hendrawan, namun pemilik akun Twitter @jijiabaobei telah merekamnya dan kemudian dibagikan ulang ke media sosial Twitter.

Dalam unggahannya, akun @jijiabaobei mengajak netizen untuk menghargai pekerjaan baru Hendrawan sebagai pelatih di luar Indonesia. Karena bagaimanapun Hendrawan kini adalah tulang punggung keluarga.

Akun @jijiabaobei yang diketahui warga Malaysia tersebut meyakinkan bahwa setiap masyarakat Negeri Jiran sangat menghargai para pelatih luar negeri di Malaysia, termasuk Hendrawan.

Di sisi lain, dua tunggal putra Malaysia yakni Lee Zii Jia dan Daren Liew sudah kandas di babak pertama Indonesia Masters 2021.