5 Pebulutangkis Asing yang Paling Sering Juara di Indonesia Open

Senin, 22 November 2021 12:32 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Yong-dae total 4 kali menjuarai Indonesia Open. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Yong-dae total 4 kali menjuarai Indonesia Open.

INDOSORT.COM - Tahun ini Indonesia Open akan bergulir untuk ke-39 kalinya. Usai dibatalkan pada 2020 kemarin, sejak pertama kali digelar pada 1982, Indonesia Open telah melahirkan banyak juara, termasuk pebulutangkis asing.

Pada Indonesia Open 2021 di Bali, juga akan menampilkan para pebulutangkis top dunia, seperti Viktor Axelsen hingga Akane Yamaguchi. Namun kali ini minus wakil dari China karena alasan pandemik virus Covid-19.

Sejarah Indonesia Open memang mencatat pada awal-awal bergulirnya turnamen ini banyak dikuasai pebulutangkis nasional. Namun pada 2 dekade terakhir, banyak pebulutangkis asing yang menjadi juara.

Siapa saja pebulutangkis asing yang sering juara dalam sejarah Indonesia Open? Berikut ulasan singkat dari INDOSPORT.COM.

5. Zheng Bo

Zheng Bo adalah salah satu pebulutangkis spesialis ganda yang menjadi legenda di China. Dia total mencatat 4 kali juara di Indonesia Open.

Uniknya, Zheng Bo meraih 4 kali juara dengan 3 pasangan yang berbeda. Artinya, siapa pun pasangannya di sektor ganda, Zheng Bo selalu memberikan penampilan maksimal dan prima.

Dari 4 gelar juara itu, 1 berasal dari ganda putra dan 3 lainnya dari ganda campuran. Di sektor ganda putra Zheng Bo menjadi juara Indonesia Open 2003 berpasangan dengan Sang Yang.

Lalu di sektor ganda campuran, Zheng Bo menjadi juara bersama Gao Ling pada 2007 dan 2008. Terakhir dia menjadi juara Indonesia Open bersama Ma Jin pada 2009.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Yong Dae melempar Jersey (kaosnya) ke penonton Indonesia Open 2016. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLee Yong Dae melempar Jersey (kaosnya) ke penonton Indonesia Open 2016.

4. Lee Yong-dae

Meski pebulutangkis asing, Lee Yong-dae sangat popular di Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena pebulutangkis tampan asal Korea Selatan itu sering juara di Indonesia Open.

Seluruh gelar juara milik Lee Yong-dae di Indonesia Open diraih dari sektor ganda putra. Namun dari 4 gelar juara miliknya dia capai dengan 2 pasangan berbeda.

Lee Yong-dae pertama kali juara Indonesia Open bersama Jung Jae-sung pada 2009. Lalu Jae-sung/Yong-dae kembali juara pada 2012.

Kemudian, rival abadi Hendra Setiawan itu berpasangan dengan Yoo Yeon-seong untuk meraih gelar juara Indonesia Open pada 2014 dan 2016.