Saina Nehwal Tambah Daftar Tunggal Putri Cedera dan Absen di Kejuaraan Dunia 2021

Jumat, 3 Desember 2021 17:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Mantan tunggal putri ranking 1 dunia asal India, Saina Nehwal, untuk pertama kalinya absen dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi 2021. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Mantan tunggal putri ranking 1 dunia asal India, Saina Nehwal, untuk pertama kalinya absen dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi 2021.

INDOSPORT.COM – Mantan tunggal putri ranking 1 dunia asal India, Saina Nehwal, untuk pertama kalinya absen dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi 2021.

Seperti diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 akan diselenggarakan di Carolina Marin Sports Palace, Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021.

Melansir laman Outlook India, absennya Saina Nehwal di Kejuaraan Dunia 2021 tersebut disebabkan lantaran dirinya dibebat cedera pangkal paha dan lutut.

“Saina harus mundur dari Kejuaraan Dunia karena masih dalam pemulihan dari cedera pangkal paha dan lutut. Dia tidak akan bisa mendapatkan kembali kebugarannya pada waktunya untuk bermain di turnamen tersebut,” kata suami Saina Nehwal yakni Parupallu Kashyap, kepada PTI.

Cedera tersebut didapat ketika Saina Nehwal membela India dalam perhelatan Piala Uber 2020 yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Pada Minggu (10/10/21), Saina Nehwal terpaksa menarik diri sesaat sebelum memasuki set kedua menghadapi Clara Azurmendi dari Spanyol di babak penyisihan Grup C.

“Dia mengalami cedera pangkal paha parah di Piala Uber. Dia baik-baik saja di Denmark tetapi tidak sembuh dengan baik dan mulai sakit lagi ketika dia bermain di Prancis Open 2021. Itu memburuk dan menjadi serius," sambungnya.

“Dia juga mengalami cedera lutut di Prancis dan harus ditarik keluar. Dia sedang melakukan rehabilitasi sekarang. Mudah-mudahan, dia bisa kembali berlatih mulai tanggal 10 atau 15 bulan ini.” pungkas Parupally Kashyap.

Keputusan absen dari Kejuaraan Dunia tersebut sekaligus menjadi pertama kalinya bagi Saina Nehwal sejak debut pada tahun 2006.

Bahkan Saina Nehwal terhitung menjadi salah satu tunggal putri cukup sukses karena mampu meraih satu medali perak pada Kejuaraan Dunia 2015, dan medali perunggu pada Kejuaraan Dunia 2017.

Namun, cedera yang membebatnya selama beberapa tahun ke belakang membuat rankingnya merosot. Bahkan berefek ketika dia tak lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 lalu.