Polemik Bonus Piala Thomas, Perang Tagar Apresiasi untuk Atlet Gegerkan Twitter

Senin, 6 Desember 2021 15:42 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Netizen ramai-ramai memviralkan sejumlah tagar termasuk #ApresiasiUntukAtlet sebagai respons dukungan terhadap atlet bulutangkis di tengah polemik bonus Piala Thomas 2020.

Dunia bulutangkis Tanah Air tengah dipanaskan dengan polemik bonus Piala Thomas 2021, di mana para perwakilan atlet bulutangkis pria mampu membawa pulang trofi yang selama 19 tahun ke Indonesia pada Oktober lalu.

Polemik ini bermula saat Jonatan Christie (atlet tunggal putra) memberikan kode menanti bonus dari pemerintah usai membawa pulang Piala Thomas 2020 melalui story akun Instagram pribadinya.

Unggahan tersebut dibagikan oleh Jonatan Christie saat ia dan wakil Indonesia lainnya yang berpartisipasi di Piala Thomas 2020 kembali bertolak ke Bali untuk bertemu dengan Presiden RI, Joko Widodo. Namun rupanya, mereka ternyata tak mendapatkan bonus seperti yang diharapkan.

Menpora RI, Zainudin Amali, sebelumnya memberikan penjelasan bahwa bonus untuk kejuaraan single event seperti Piala Thomastidak diatur secara jelas dalam undang-undang atau peraturan menteri.

Pasalnya kejuaraan tersebut dianggap berbeda dengan turnamen multievent seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

Setelah pernyataan Zainudin Amali tersebut, banjir tanggapan pro serta kontra dan kritik diterima dari berbagai pihak. Banyak yang menentang, tetapi ada pula sebagian pihak yang meminta agar atlet tak seharusnya mengharapkan bonus, dan diminta untuk paham akan hal tersebut.

Pro dan kontra ini tercermin panjang, setelah tagar #AtletHarusPaham yang diduga diviralkan oleh sekelompok akun tertentu untuk menekan para atlet menjadi viral di media sosial Twitter.