Legenda China: Indonesia Mundur dari Kejuaraan Dunia, Ada Plus dan Minusnya

Jumat, 17 Desember 2021 14:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mantan ganda putra ranking 1 dunia asal China, Cai Yun, memberikan tanggapan terkait mundurnya tim Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

Seperti diketahui, Indonesia tidak ikut serta dalam lawatan ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 di Huelva, Spanyol, yang digelar pada 12-19 Desember.

Keputusan ini disampaikan oleh Ketua Umum PP PBSI, Agung Firman Sampurna, Rabu (8/12/21). Menurutnya, naiknya kasus Covid-19 varian Omicron jadi penyebabnya.

Oleh karena itu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 kehilangan sejumlah pemain unggulan dari Indonesia dan beberapa atlet dari negara lain yang ikut mundur.

Menanggapi hal ini, Cai Yun yang merupakan legenda bulutangkis dunia asal China ikut berkomentar tentang tim Indonesia dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

“Sangat disayangkan tim Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia ini,” ucap Cai Yun sebagaimana melansir laman Aiyuke News.

Lebih lanjut, mantan partner Fu Haifeng tersebut menganalisis pengaruh mundurnya tim Indonesia dari suatu kompetisi bulutangkis secara umum.

“Meskipun pemain Indonesia adalah lawan terberat bagi sebagian pemain-pemain China dalam karier mereka, kita harus mengakui bahwa gaya bermain Indonesia juga memiliki banyak penggemar di seluruh dunia,” sambung Cai Yun.

Tak segan, Cai Yun bahkan mengatakan bahwa gaya permainan khas pebulutangkis-pebulutangkis Indonesia itulah yang membuat Indonesia teramat dirindukan penggemar dalam setiap kompetisi.

“Oleh karena itu, di pentas Kejuaraan Dunia, tanpa Indonesia yang kuat, tanpa gaya permainan mereka yang apik, santai, dan bahkan sedikit mengejutkan, akan selalu ada yang terasa kurang,” ucap Cai Yun.

“Gaya permainan Indonesia benar-benar sesuatu yang bisa dipelajari oleh atlet-atlet dari negara lainnya. Karena menurut saya, permainan  mereka berbeda,” sambungnya lebih lanjut.