Menuju Olimpiade Paris, China Kembali Rekrut Zhao Yunlei Jadi Pelatih Ganda Putri?

Kamis, 30 Desember 2021 14:39 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© bca.co.id
Mantan pebulutangkis ganda China, Zhao Yunlei, diisukan bakal kembali melatih skuat ganda putri China menuju proyeksi Olimpiade Paris 2024. Copyright: © bca.co.id
Mantan pebulutangkis ganda China, Zhao Yunlei, diisukan bakal kembali melatih skuat ganda putri China menuju proyeksi Olimpiade Paris 2024.

INDOSPORT.COM – ­Mantan pebulutangkis ganda China, Zhao Yunlei, diisukan bakal kembali melatih skuat ganda putri Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) menuju proyeksi Olimpiade Paris 2024.

Melansir laman Sohu News, CBA bakal mengadakan seleksi internal untuk menentukan para atlet yang akan dipromosikan dan didegradasi dari pelatnas.

Seleksi internal tersebut berlangsung di Chengdu sebagai upaya CBA untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam penyesuaian proyeksi menuju siklus Olimpiade Paris 2024.

Menariknya, dalam artikel yang dilansir dari Sohu News, Zhao Yunlei bakal kembali menangani skuat ganda putri CBA pada tahun 2022.

“Baru-baru ini ada kabar hebat, ketika mantan bintang ganda legendaris bulu tangkis nasional Zhao Yunlei telah masuk staf pelatih, dan akan menjabat sebagai staf pelatih ganda putri,” tulis artikel itu yang diunggah pada Selasa (28/12/21). 

Sebenarnya Zhao Yunlei bukanlah nama yang asing untuk masuk dalam jajaran kepelatihan di pelatnas bulutangkis China (CBA).

Sejak 2018 lalu, peraih medali emas ganda putri bersama Tian Qing di Olimpiade London 2012 tersebut masuk di jajaran asisten pelatih sektor ganda putri China untuk membantu Tao Jiaming dan He Hanbin.

Saat itu, mantan pasangan Zhang Nan tersebut masih rangkap jabatan karena masih aktif di Asosiasi Tenis Meja China. Kemudian, Zhao Yunlei hamil dari pernikahannya dengan eks pebulutangkis China, Hong Wei.  

Sampai akhirnya Zhao Yunlei melahirkan seorang putri pada Senin (13/09/21). Dalam masa-masa menikmati jadi ibu muda, Zhao Yunlei kembali dirumorkan melatih bulutangkis ganda putri di China untuk menuju Olimpiade Paris 2024.

Hal itu tak lepas dari prestasi gemilangnya ketika menjadi pemain ganda. Semasa kariernya, Zhao Yunlei mengoleksi 42 gelar pada nomor ganda putri, dan 27 gelar pada sektor ganda campuran.

Zhao Yunlei memutuskan gantung raket pada tahun 2016 usai meraih medali perunggu Olimpiade Rio 2016 bersama Zhang Nan.