India Open 2022 Dibayangi Ledakan Covid-19, Sejumlah Turnamen Domestik Dihentikan

Selasa, 4 Januari 2022 19:03 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Situasi dilematis membayangi penyelenggaraan  turnamen BWF World Tour Super 300 India Open 2022 yang dibarengi lonjakan kasus Covid-19 di India. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Situasi dilematis membayangi penyelenggaraan turnamen BWF World Tour Super 300 India Open 2022 yang dibarengi lonjakan kasus Covid-19 di India.

INDOSPORT.COM – Situasi dilematis membayangi penyelenggaraan  turnamen BWF World Tour Super 300 India Open 2022 yang dibarengi lonjakan kasus Covid-19 di India.

Menurut kalender yang dikeluarkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), akan ada 3 penyelenggaraan turnamen bulutangkis 2022 bergengsi yang berpusat di India.

Turnamen tersebut India Open (11-16 Januari), Syed Mody India International (18-23 Januari), serta Odisha Open (25-30 Januari) 2022. Sayangnya, pada turnamen pembuka 2022 tersebut, situasi dilematis kembali terjadi.

Pasalnya, India saat ini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. Melansir Reuters, pada Sabtu (01/01/22), Kementerian Kesehatan India telah melaporkan 22.775 kasus baru Covid-19. 

Data tersebut mengindikasikan bahwa kota-kota besar padat penduduk seperti seperti New Delhi, Mumbai, dan Kaltuta mengalami kenaikan paling tajam.

Terbaru, turnamen bulutangkis domestik di India pun mengalami pemberhentikan penyelenggaraan menyusul ditemukannya beberapa pemain yang dinyatakan positif Covid-19.

Melansir dari laman Timesofindia, tiga pebulutangkis India dinyatakan positif Covid-19 dalam partisipasinya di turnamen junior Ashwani Gupta Memorial All India Leg 1 di Panchkula.

Turnamen dosmetik junior SMT Krhsina Khaitan Memorial All India ke-29 yang bertempat di Panckula juga resmi dibatalkan. Sedianya turnamen tersebut berlangsung pada 11-17 Januari 2022.

Atas kasus lonjakan Covid-19 yang terjadi di turnamen bulutangkis tingkat dosmetik  di India tersebut, sekretaris Asosiasi Bulu Tangkis India (BAI), Ajay Kumar Singhania, memberikan pernyataan resmi.

“Karena meningkatnya kasus Covid-19 di negara bagian Haryana, otoritas pemerintah negara bagian telah menyarankan untuk tidak mengadakan turnamen,” kata Ajay Kumar Singhania.

Selain dua turnamen dosmetik tadi, ada pula Akademi  Bulutangkis Jwala Gutta juga ditutup sementara setelah ada tiga pemain dinyatakan positif Covid-19.

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi penyelenggaraan turnamen bulutangkis terdekat di New Delhi, yakni Yonex Sunrise India Open 2022.

Para pebulutangkis dari berbagai negara telah menyatakan partisipasinya di India Open 2021. Seperti Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Tommy Sugiarto, Fitriani,  hingga Yulia Yosephine Susanto.