Usai Kena Denda, Axelsen Absen Lagi di Kejuaraan Nasional Denmark 2022

Rabu, 2 Februari 2022 16:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Shi Tang/Getty Images
Tak berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Denmark 2021 hingga berujung denda, pebulutangkis Viktor Axelsen dipastikan absen dalam kejuaraan yang sama pada 2022. (Foto: Shi Tang/Getty Images) Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Tak berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Denmark 2021 hingga berujung denda, pebulutangkis Viktor Axelsen dipastikan absen dalam kejuaraan yang sama pada 2022. (Foto: Shi Tang/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Tak berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Denmark 2021 hingga berujung denda, pebulutangkis Viktor Axelsen dipastikan absen dalam kejuaraan yang sama pada 2022.

Kejuaraan Nasional Denmark 2021 berlangsung pada Agustus lalu. Dalam kejuaraan ini, pebulutangkis nasional Denmark wajib berpartisipasi dalam turnamen yang diadakan.

Selain karena alasan cedera, sakit, atau sejenisnya, pebulutangkis Denmark yang absen, harus membayar denda sesuai ketentuan yang berlaku.

Melansir laman Sport TV2,  sebelumnya ada dua pebulutangkis Denmark yakni Viktor Axelsen dan Anders Antonsen yang tak ambil bagian dalam Kejuaraan Nasional Denmark pada Agustus 2021 lalu.

Hal itu lantaran Viktor Axelsen dan Anders Antonsen lelah secara fisik dan mental usai berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021.

“Kejuaraan nasional Denmark digelar seminggu setelah Olimpiade dan merupakan waktu yang buruk (untuk tampil). Saya benar-benar kehabisan energi secara fisik dan mental,” kata Anders Antonsen.

“Saya telah memberikan semua yang saya miliki dalam latihan hingga Olimpiade dan dalam upaya saya untuk Olimpide. Secara mental saya kecewa usai kalah pada perempat final,” imbuhnya.

“Jadi saya menelpon Bulutangkis Denmark dan saya mengatakan saya tidak akan berpartisipasi, dan saya tidak akan menandatangani tanda tangan atau sejenisnya,” ucap Anders Antonsen.

Kendati memiliki alasan yang masuk akal, namun Anders Antonsen dan Viktor Axelsen mendapat sanksi berupa denda sebesar DKK25.000 atau sekitar Rp54,5 jura oleh Asosiasi Bulu Tangkis Denmark.

"Jika Anda kelelahan mental di puncak Olimpiade dan ingin menggunakannya sebagai argumen, Anda harus memberikan dokumentasi. Ketika itu tidak terjadi, kami harus memberikan sanksi," ucap Bo Jensen, Direktur Bulutangkis Denmark.

Usai disanksi pemberian denda itu, Viktor Axelsen yang telah berpindah kepelatihan di Dubai, dipastikan tidak akan berpartisipasi di Kejuaraan Nasional Denmark 2022 pada 9-12 Februari.

Sementara, Anders Antonsen akan berpartisipasi sebagai salah satu tunggal putra Denmark yang akan ambil bagian di turnamen yang berlangsung di Blue Water Dokken, Esbjerg, Denmark.

Anders Antonsen akan menjadi penantang serius pebulutangkis tunggal putra lainnya seperti Rasmus Gemke, Hans Vittinghus, dan Victor Svandsen.