Tergiur Gajinya, Pebulutangkis Berdarah Indonesia Tertarik Jadi Tentara Jerman

Kamis, 10 Februari 2022 19:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Instagram/Jones Ralfy Jones
Jones Ralfy Jansen saat juara di Ukraine Open 2022 bersama Linda Efner. Copyright: © Instagram/Jones Ralfy Jones
Jones Ralfy Jansen saat juara di Ukraine Open 2022 bersama Linda Efner.

INDOSPORT.COM – Para pebulutangkis Jerman berbondong-bondong masuk angkatan militer. Tak terkecuali pemain berdarah Indonesia, Jones Ralfy Jansen.

Jones adalah pemain kelahiran Jakarta pada 12 November 1992 silam. Ia pernah bergabung ke klub PB Djarum. Namun pada 2012, ia hijrah ke Jerman menyusul sang kakak, Cisita Joity Jansen.

Lima tahun berselang, Jones baru mendapatkan status kewarganegaraan Jerman dan membela negara tersebut hingga kini.

Dalam wawancara di kanal Youtube BWF, Jones membeberkan rencananya untuk masuk angkatan militer Jerman. Hal ini memang lumrah dilakukan para atlet Jerman, termasuk para pemain bulutangkis.

Jika bergabung, si atlet wajib mengikuti beberapa kamp pelatihan yang bisa berlangsung selama empat minggu dalam sekali sesi. Kamp pertama berisi pelatihan dasar seperti baris-berbaris dan pengenalan senjata.

Meski mendengar kamp pelatihan itu berat dan sulit, Jones mengaku tak gentar. “Saya dengar secara mental juga berat.”

Lantas apa motivasinya bergabung menjadi tentara?

“Karena dukungan finansialnya cukup bagus untuk kamp militer. Itulah kenapa saya ingin bergabung menjadi tentara,” jawab Jones.

Berdasarkan penuturan sesama pemain pelatnas yang kini sudah berpangkat sersan, Isabel Lohau, para atlet memang diberikan gaji sesuai tentara pada umumnya.