Body Shaming Pemain Malaysia Jelang Final BATC, Aksi Suporter Ini Tuai Kecaman

Minggu, 20 Februari 2022 20:00 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia (kiri) menjadi korban bodyshaming fans Indonesia hanya beberapa saat sebelum final BATC 2022 dimulai. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Aaron Chia (kiri) menjadi korban bodyshaming fans Indonesia hanya beberapa saat sebelum final BATC 2022 dimulai.

INDOSPORT.COM - Reputasi suporter bulutangkis Indonesia tercoreng pada Minggu (20/02/22) ini. Pasalnya salah satu oknum fans kedapatan melakukan penghinaan yang berkaitan dengan badan pada wakil Malaysia, Aaron Chia, hanya beberapa saat sebelum final kejuaraan Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 digelar.

Kejadian tersebut diketahui dari rekaman video amatir mengambil tempat di depan pintu masuk Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia. Saat itu Chia baru saja turun dari bus dan hendak memasuki arena.

Begitu atlet 24 tahun itu berjalan terdengar dari kerumunan fans umpatan-umpatan yang diarahkan pada Chia seperti 'jelek' dan juga 'gendut'. Dipercaya yang melakukan tindakan tidak terpuji yang dikenal dengan bodyshaming tersebut dilakukan oleh seorang wanita.

Beruntung Chia tidak terprovakasi hinaan tersebut dan tetap fokus pada dirinya sendiri jelang partai puncak BATC 2022 melawan kontingen Indonesia. Kendati demikian kejadian ini memancing kemarahan publik pecinta bulutangkis di dunia maya.

Fans Chia dari Malaysia pun beramai-ramai mengutuk oknum suporter Indonesia tersebut. Sementara itu gestur terpuji juga ditunjukkan fans tanah air dengan memperingatkan sesama agar tetap menjaga sportivitas baik untuk bintang negara lawan sekalipun.

Akun-akun badminton besar seperti @BadmintonTalk di Twitter pun ikut membahas isu yang tengah viral ini. Para suporter di manapun berada diharapkan untuk menjaga kesopanan terutama bila sedang mengunjungi negara tetangga.