Larang Rusia Mentas di Ajang Internasional, Akun Instagram BWF Diserbu Netizen

Selasa, 1 Maret 2022 19:17 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo BWF. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo BWF.

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menyatakan bahwa atlet asal Rusia dan Belarusia dilarang bertanding di turnamen internasional per hari ini, Selasa (1/3/22).
 
Keputusan ini merupakan buntut dari agresi militer Rusia ke Ukraina, sebagaimana tertuang dalam rilis yang diunggah akun Instagram BWF. Mereka akan menjatuhkan sanksi kepada Rusia dan Belarusia. 

Seluruh atlet dan ofisial kedua negara tersebut dilarang berpartisipasi di turnamen internasional sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Menyusul hasil konsultasi dengan mitra olahraga internasional semalam, BWF telah memperbarui posisinya mengenai invasi Rusia ke Ukraina,” ucap pernyataan itu.

“BWF telah memperbarui sikapnya terhadap pemerintah Rusia dan Belarusia dengan menangguhkan atlet dan ofisial untuk mewakili negaranya tersebut untuk berpartisipasi dalam seluruh turnamen di bawah naungan BWF hingga pemberitahuan lebih lenjut,” tulis BWF.

Sebelumnya, BWF telah menjatuhkan sanksi berupa larangan mengibarkan bendera serta menyanyikan lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia dalam seluruh turnamen di bawah naungan mereka. Sanksi ini menambah nasib apes atlet-atlet yang berasal dari sana.

Sebelum sanksi tegas BWF, Rusia terlebih dulu menerima hukuman dari FIFA dan UEFA, yang juga menangguhkan seluruh klub dan tim nasional dari semua kompetisi. Timnas Rusia tidak diperbolehkan mengikuti play-off Piala Dunia 2022.