In-depth

Termasuk di Kejuaraan Dunia, Ini 3 Kekalahan Menyakitkan Lin Dan dari Taufik Hidayat

Jumat, 15 April 2022 08:02 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Shi Tang/Getty Images
Tiga kekalahan menyakitkan yang dirasakan legenda bulutangkis China, Lin Dan, saat bertemu tunggal putra unggulan Indonesia, Taufik Hidayat, sepanjang sejarah. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Tiga kekalahan menyakitkan yang dirasakan legenda bulutangkis China, Lin Dan, saat bertemu tunggal putra unggulan Indonesia, Taufik Hidayat, sepanjang sejarah.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga kekalahan menyakitkan yang dirasakan legenda bulutangkis China, Lin Dan, saat bertemu tunggal putra unggulan Indonesia, Taufik Hidayat, sepanjang sejarah.

Dalam kiprahnya di dunia bulutangkis sejak akhir 90-an hingga periode sekitar 2010an, nama Taufik Hidayat merupakan satu diantara empat tunggal putra terbaik dunia bersama Lin Dan, Lee Chong Wei, dan Peter Gade.

Mereka berempat sering kali terlibat dalam persaingan panas di sebuah pertandingan, hingga akhirnya bergantian memenangkan sebuah turnamen bergengsi kala itu.

Buat publik bulutangkis Indonesia, sudah pasti sepenuhnya mendukung Taufik Hidayat dalam persaingan yang bisa disebut sebagai fantastic four tunggal putra dunia kala itu.

Secara umum, dukungan itu memang terbukti berhasil. Taufik Hidayat bisa cukup sukses dengan beberapa gelar prestisius.

Sebut saja gelar Juara Dunia 2005, enam kali juara Indonesia Open, dan medali emas Olimpiade di Athena 2004 yang kala itu tercipta salah satunya dengan menyingkirkan Peter Gade di fase semifinal.

Namun secara statistik prestasi, Lin Dan juga tak kalah mentereng dan bersinar ketimbang Taufik Hidayat saat masa jayanya dulu.

Bahkan, Lin Dan masih memegang rekor sebagai tunggal putra dengan raihan emas Olimpiade terbanyak, gelar juara Dunia terbanyak serta podium pertama di All England terbanyak di era Grand Prix Open.

Secara rekor head to head kontra Taufik Hidayat, catatan Lin Dan juga terlihat lebih baik yakni dari 17 laga dirinya berhasil 13 menang dan hanya 4 kali kalah.

Meski rekor pertemuan tak berpihak pada Taufik Hidayat, namun dari empat kemenangan yang diraih sang legenda Indonesia atas Lin Dan, tiga diantaranya terbilang cukup menyakitkan.

Lantas di pertandingan mana sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba mengulas, tiga kekalahan menyakitkan Lin Dan dari Taufik Hidayat sepanjang sejarah: